Translate

Jumat, 24 Februari 2017

CARA MENGENALI KOMPONEN KELISTRIKAN YANG RUSAK PADA KENDARAAN ANDA


    Penyakit kelistrikan pada kendaraan  baik motor maupun mobil seringnya membuat kita panik ya. Bagaiman tidak kalau mesinnya saja bagus dan terawat tetapi mesin tidak mau hidup gara-gara kelistrikan bermasalah.  Buat kita jengkel lagi kalau salah diagnosa. Banyak kejadian seperti itu. Ujung-ujungnya keluar duit  lebih karena membeli komponen yang sebenarnya tidak ada kerusakan.
   Biar tidak galau dan keluar duit banyak, yuk kita cari tahu beragam masalah yang sering terjadi pada mobil dan motor. Komponen yang sering mengalami masalah ada empat yaitu, Bendik, Kiprok, Flasher dan juga switch rem. Ini yang membuat motor dan mobil kita sering mati tidak dapat distart. Tapi sebenarnya dapat dibaca dari gejala yang muncul. Mari kita simak hal berikut yang merupakan ciri-ciri masalah kelistrikan pada mobil dan motor anda.

KIPROK ATAU REGULATOR


      Kiprok yang rusak juga mengalami gejala mirip aki yang rusak. Jangan kaget kalau motor atau mobil tiba-tiba tidak kuat distart dan lampu redup. Bisa jadi hal itu karena kiprok yang rusak membuat pengisian arus listrik ke aki terhambat maka lebih baik cek kiproknya dulu ya.
    Kiprok yang rusak cirinya adalah lampu utama meredupatau malah kelewat terang dan akhirnya putus. Sebab aliran arus listrik dari spul tidak dapat di proses oleh kiprok yang rusak. Karena gejala mirip aki yang rusak banyak juga yang malahan ganti aki, tapi karena regulatornya yang rusak maka aki akan tekor lagi.

FLASER


     Fungsi flasher adalah untuk membuat lampu sein berkedip ketika digunakan. Kalau lampu sein tidak berkedip disinilah masalahnya. Terkadang kalau  mengganti lampu sein dengan komponen variasi juga dapat membuat lampu sein tidak berkedip. Biasanya karena terdapat perbedaan watt pada lampu yang dipasang dibandingkan yang standard. Mengatasinya ganti dengan flasher yang baru.

BENDIK


    Bandik menjadi salah satu penyebab jika motor tidak mau distart. Gejalanya ketika motor mau distart bunyi cetak-cetek seperti suara pematik gas pada kompor gas. Mirip starter tidak mengangkat akibat karena aki yang tekor. Padahal ini kebanyakan masalah justru pada bandik. Kalau rusak silahkan teman siapkan dana Rp 45-75 ribu rupiah untuk membeli komponennya.

SWITCH REM


   Jangan remehkan pula fungsi switch lampu rempada motor yang matic. Sebab switch ini juga mempunyai fungsi sebagai sensor untuk menghidupkan mesin motor. Makanya jangan heran kalau motor matic tidak dapat distarter kalau switch ii rusak atau bermasalah. Untuk menggantinya cukup sediakan uang sekitar 25 ribu rupiah


THANKS FOR WATCHING




Tidak ada komentar:

Posting Komentar