Translate

Selasa, 14 Februari 2017

HANDY TALKY REKOMENDASI UNTUK DIBAWA SELAMA PERJALANAN TOURING



  Teman-teman yang hoby turing bersama teman se-club direkomendasikan untuk menggunakan Handy Transceiver (HT). Selain untuk roger-rogeran  dengan teman-teman sesama rombongan di perjalanan, teman juga dapat dibimbing oleh komunitas radio seantero Indonesia, Jadi nggak bakalan terlantar. Enggak lagi bisa menemukan jalan tikus  dan jalan pintas di daerah yang belum pernah teman datangi .
  Problem umum yang dialami peturing adalah tercecer dari rombongan. Biasanya karena ada yang mogok atau terpaksa rehat karena kecapean. Padahal road captain sudah jauh di depan. Disaat ponsel masih dapat sinyal sih tidak ada masalah. Tetapi begitu sinyal handphone hilang, sobat pun tercabut dari rombngan .. hilang deh.
  Nah, masalah ini dapat dihindari dengan menggunakan HT. Di alam terbuka HT dapat dipakai berbicara hingga radius 3 km. Tetapi dengan bantuan antena tambahan dapat mengudara hingga puluhan bahkan ratusan kolometer. Karena HT adalah alat komunikasi dua arah yang didesain compak  agar mudah digenggam. Berisikan rangkaian elektronik pemancar dan penerima. Paling banyak di pasaran menggunakan 2 meter band (144-148 Mhz) yang lazim disebut VHF dan 70 meter band (430-438 Mhz) yang disebut UHF.


 Karena menggunakan gelombang, maka frekwensi dapat diatur sesuai kemauan. Bila dipakai untuk keperluan antar peserta touring cukup diseting frekwensinya yang disamakan untuk tiap HT peserta.
  Untuk petouring sebaiknya memakai minimal 2 HT. Satu utuk road captain satu lagi untuk teman yang ditunjuk sebagai sweeper. Dengan begitu rombongan akan selalu termonitor. Bila ada yang mogok atau kecapaian sehingga dapat mengambil keputusan yang cepat. Bukan itu saja bila memasuki daerah yang baru dikenal, teman dapat dibantu oleh pengguna radio amatir yang selalu on air di daerah itu. Tapi syaratnya HT diberi antena tambahan yang pemasangannya bisa dilakukan pada buritan motor.

  Cukup masuk ke frekwensi pengguna radio amatir. Caranya dengan serching gelombang radio di daerah yang sobat lalui. Bila ada yang nyantol cukup roger-rogeran  dan mohon izin menggunakan frekwensi dan mohon petunjuk seputaran jalan. Dijamin pasti di bantu oleh komunitas radio setempat.
Toutring berjalan lancar. Rombongan tidak tercecer dan satu lagi makin banyak teman yang menolong. 



 GALERIA HANDY TALKY
  














THANKS FOR WATCHING


    

3 komentar:

  1. Apakah tanpa tambahan antena suara masih bisa terdengar oleh teman kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung jarak dan medan, serta perangkat yang dipakai.

      Hapus
    2. Tergantung jarak dan medan, serta perangkat yang dipakai.

      Hapus