Translate

Jumat, 10 Februari 2017

CARA STEL PLATINA VESPA SUPER 1973


    Refreshing  kala week end naik Vespa jadul kepunyaan Bapak memang mengasyikan keliling kota main ke pasar burung jalan-jalan ke pantai. Selain easy to ride, sudah pasti akan jadi pusat perhataian karena modelnya memang unik. Tetapi bakalan repot kalau tiba-tiba Vespa kesayangan batuk enggak dan ajrut ajrutan gasnya.
  Pada Vespa sebenarnya mempunyai daya tahan mesin yang kuat, kalau cuman batuk biasanya enggak jauh dari problem busidan platina. Sebabnya untuk model yang kelahirannya tahun 1988 ke bawah memang menerapkan sistim pengapian menggunakan platina, tapi justru ini serunya punya Vespa lawas.
  Kalau untuk performa sistim pengapian platina nggak ada matinya karena tidak dibatasi dengan limiter seperti halnya pada pengapian model CDI, tapi memang rawan berubah stelannya karena getaran mesin. Kalau tau stelannya gampang koq betulinnya.
   Terlebih lagi uniknya sistim ini setelah setel platina jarak renggang busi juga harus ikut menyesuaikan. Kalau terlalu renggang atau rapat, mesin pasti sulit untuk hidup.
Mari kita lihat cara penyetelannya.
1.      Siapkan peralatan seperti obeng plus, obeng minus dan fuller gauge2.


2.      Inilah yang dinamakan Platina, cara kerjanya seperti pulser pada skutik berteknologi CDI. Kerjanya sebagai konyak poin yang berfungsi menyulut atau trigger koil.


3.      Buka dulu tutup mesin sebelah kanan, jangan keliru sebelah kiri itu bagasi dan tidak dapat di copot...he he he


4.      Posisikan tuas kopling pada posisi netral
5.      Kalau sudah pada posisi netral kipas pendingin dapat diputar. Sekarang putar kipas mesin dengan tangan cari coakan untuk stel platina, praktisnya untuk menyetel platina dapat dilakukan tanpa harus membuka kipas.


6.      Sekarang Kendurkan baut penyetelan dengan obeng plus, kalau ada fueller gauge, stel di ukuran 0,03mm Patokannya fuller gauge masih dapat lewat setelan platina tapi terasa seret.


7.      Jangan lupa untuk menyamakan celah platina tadi dengan busi, karena mereka berdua saling terkait.


8.      Sekarang coba hidupkan mesin, kalau hidup dan tidak batuk-batuk lagi, kencangkan baut setelan platina, tapi pakai feeling ya jangan terlalu kencang malah nanti membuat baut menjadi rusak jangan lupa semprotkan cairan penetran pada baut. Silahkan mencoba.

THANKS FOR WATCHING




Tidak ada komentar:

Posting Komentar