Translate

Selasa, 28 Februari 2017

TIGA MOTOR BALAP JALANAN BERMESIN 2-TAK, HISTORY OF THE CHAMPION


     Dengan ajang Moto GP sebagai kasta tertinggi di ajang balap motor, hal tersebut menjadi kan ajang pabrikan motor untuk membuat motor yang direlease untuk publik dengan menginspirasi para juara di sirkuit kasta tertinggi balap motor tersebut. Berikut motor-motor yang direlease untuk publik berdasarkan inspirasi para legenda  juara

 YAMAHA RZV500R (1984)


       Pada tahun 80 an, Kenny Robert sukses bersama Yamaha YZR500 pada ajang  balap motor motor tertinggi yaitu Moto GP. Hal ini membuat Yamaha berencana menciptakan replika motor GP versi jalanan yang hanya dipasarkan di Jepang. Motor ini diperkenalkan pada tahun 1984 dn berakhir 1989.
       Merupakan hasil inovasi Yamaha RD500LC dan RZ500. Namun, motor ini kalah bersaing dengan kmpetitornya, RG500 juga karena pembatasan produksinya.

HONDA NS 400R (1983)


      Fredie Spencer ketika umurnya baru menginjak 21 tahun sudah menjuarai gelar juara dunia Moto GP 500cc pada tahun 1983 dengan menunggangi Honda NS500. Karena hal ini lah yang membuat pabrikan Honda berpikir untukmenciptakanHonda NS500 versi jalanan untuk menghormati Fredie. Namun hal tersebut baru direalisasikan dua tahun kemudian, yaitu pada tahun 1987. Dapat dikatakan bahwa NS400R ini merupakan bintangnya 2-tak milik Honda yang bertujuan untuk menguasai pangsa pasar domestik Jepang.
     Honda NS400R memiliki mesin berbasis V-3 yang diadopsi dari tunggangannya Fredie Spencer, yaitu Honda NS500. Ketiga silinder itu posisinya dua horizontal dan satu vertikal yang membuat motor ini memiliki keunikan tersendiri. Dengan berat 163 kilogram, motor ini memiliki keunikan tersendiri. Dengan berat 163 kilogram, motor ini ampu digeber hingga kecepatan maksimumnya yaitu sekitar 215 km/jam.

SUZUKI RG500 Gamma (1985)


    Pada tahun 1976 dan 1977, Barry Sheene berhasil memboyong gelar juara dunia GP 500 dengan mengendarai RG500. Diikuti oleh Marco Uncini pada tahun 1982, hal ini yang membuat RG500 ini selalu menjadi andalan Suzuki pada kasta tertinggi balap motor disaat itu.
    Tahun 1985, RG500 versi jalanan diperkenalkan untuk pertama kalinya ke masyarakat dan terpaksa berhenti produksinya dua tahun kemudian. Dengan konfigurasi mesin 4 silinder menjadikannya sebuah tenologi 2-tak terbaru buatan Suzuki pada saat itu. Top speed motor GP versi jalanan Suzuki ini tercatat pernah menembus angka 236,4 km/jam. Motor ini tercepat di jamannya.
  
APRILIA RSW 250


 Motor ini terinspirasi dari versi balapnya yaitu RSW250 yang ditunggangi banyak pembalap terkenal, seperti Valentino Rossi, Max Biagi dan Lorris Capirossi disaat berlaga di Moto GP.
    Pada 1995 motor ini diroduksi massal dan mengalami proses pengembangan pada tahun 1998 untuk merayakan kemenangan Aprilia di kelas 250 cc dengan mengalikasikan desain bodi mirip tunggangan. Namun degan berbagai alasan, motor ini harus berhenti produksi tahun 2002.


THANKS FOR WATCHING




Tidak ada komentar:

Posting Komentar