Translate

Jumat, 17 Februari 2017

ATURAN DALAM MEMASANG BAN TUBELESS PADA SEPEDA MOTOR


   Apakah teman mau ganti ban standard yang masih memakai ban dalam dengan memakai ban tipe tubeless? Memang, tampak dari luar ya sama saja, tapi bukan berarti langsung ganti begitu saja, ada beberapa yang perlu diperhatikan. Mari kita lihat apa yang harus di perhatikan dan dipenuhi dalam penggantian tipe ban ini, jangan asal templok aja, bisa-bisa gembos terus ha ha ha ha.
   Dari segi konstruksi, tubeless adalah ban yang memiliki lapisan tambagan inner linier yang terdapat pada seluruh permukan lapisan ban. Berbeda dengan tube tyre yang tidak punya lapisan tersebut. Maka dari itu ban tubeless tidak memerlukan ban dalam untuk menampung angin ataupun. gas nitrogen


   Nah oleh karena itu bayangkan kalau pelek jari-jari yang penuh lubang akan dipasang ban tubeless, pasti sangat susah karena udara maupun niterogen gampang lepas alias merembes dan membuat ban gembos.

   Mari kita lihat beberapa langkah yang harus diperhatikan ketika teman-teman ingin menganti ban Tube  dengan yang bertipe Tubeless.
1.      Ukuran yang aman penggantian ban, adalah 2 tingkat dari ukuran standard. Misalnya untuk ban Yamaha Mio berukuran standard 90/80 maka untuk ukuran yang nyaman adalah 100/80 atau 110/80.
2.      Pelek yang masih menggunakan jari-jari harus diganti memakai pelek racing. Soalnya konstruksi pelek racing, baik dari bibir dan lebar pelek sangat berbeda jauh. Gunanya untuk menampung udara atau nitrogen supaya tidak dapat keluar dan membuat ban gembos.

3.      Untuk Antisipasi, sebiknya ban diisi dengan sedikit cairan tubeless antibocor, tujuannya untuk menghindari penjahat ranjau paku atau pas di jalan sepi tiba-tiba kena paku. Dengan adanya cairan ini maka ban tidak akan lngsung kempis karena cairan akan menambal dengan seketika lobang paku tersebut. Isilah angin sebaiknya denga Nitrogen karena mempunyai suhu yang stabil.


4.       Karena ban tubeless tidak menggunakan ban dalam makanya harus memakai pentil terpisah. Biayanya sih sekitar Rp 20 ribu per pelek. Beda dengan ban tipe tube yang letak pentil nyambung dengan ban dalam.

Habis ganti ban njamu  dulu yuuk..mumpung mbake jamu yang asli Sukoharjo Solo datang

THANKS FOR WATCHING



Tidak ada komentar:

Posting Komentar