Translate

Kamis, 16 Februari 2017

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGISI BAN DENGAN NITROGEN


    Teman- teman pasti sering lihat gerai tambal ban dan pengisian angin dengan Nitrogen. Banyak lo kelebihannya. Pastinya menambah sfety alias keamanannya di jalan. Berat Massa Nitrogen lebih ringan dari oksigen yang mendominasi unsur angin yang biasa kita gunakan.
   Keamanan dalam memakai Nitrogen yang mempunyai rumus kimia N2 ini tidak dapat terbakar, tidak berbau dan merupakan bagian dari udara Atmosphere yang kita hirup sehari-hari. Efeknya, ketika dipakai touring jauh, belum lagi dikendarai pada cuaca siang yang terik, temperatur udara didalam ban pasti akan tetap terjaga. Tujuannya tentu saja agar ban tidak kepanasan dan meledak. Mau tahu kelebihan selanjutnya.

KELEBIHANNYA
1.      Tekanan ban akan terjaga lebih lama. Sebab unsur partikel gas N2 lebih besar dibandingkan dengan gas H2O, hal ini membuat N2 sulit merembes dari pori-pori ban, baik saat didiamkan terlalu lama ataupun dipakai jalan sehari-hari.
2.      Tekanan angin yang stabil, membuat daya cengkeram dan kinerja ban menjadi lebih optimal. Hasil akhirnya adalah BBM akan lebih hemat.
3.      Efek istimewanya suhu ban jadi lebih stabil. Nilai bumping ban jadi rata di setiap kondisi jalan yang berbeda-beda
4.      Ban akan lebih awet dan habis merata. Jika pengukuran tepat sesuai rekomendasi pabrikan.
5.      Karena sifatnya yang lebih dingin dibanding O2, maka tekanan ban akan lebih stabil. Penggunaan N2 meminimalisir kecelakaan akibat overpressure/pecah ban disaat berkendara.
6.      N2 juga mencegah oksidasi/pelapukan pada karet ban. Hasilnya elastisitas karet ban akan bertahan lama.
7.      Tidak menimbulkan karat. Aman bagi komponen besi, sebab tidak ada unsur air didalamnya.


KEKURANGANNYA
1.      Dibandingkan mengisi dengan angin biasa, harganya lebih mahal.
2.   Untuk perawatan jika tekanan angin berkurang sebaiknya diisi N2 juga, sangat bahaya kalau diisi angin biasa percampurnnya akan menghasilkan air yang terperangkap didalam ban. Karena putaran ban yang tinggi air yang terperangkap didalam ban akan mendidih dan menimbulkan panas didalam ban.


THANKS FOR WATCHING





Tidak ada komentar:

Posting Komentar