Mengapa SUV diesel
menjdi incaran penggemar mobil bekas ? Karena SUV diesel memberikan kesan gagah, bergengsi dan
opersional bersahabat . Angin tren SUV diesel lagi berhembus keras. Sehingga
seiring berkembangnya teknologi, suara mesin dan getaran kini bukan hambatan
bagi calon konsumen untuk memilikinya. Bahkan, dikelas ini beberapa kembaran yang punya mesin bensin,
mungkin 60 % diesel berbanding 40% bensin, Tergantung orang mau pilih mobil
yang berbiaya perawatannya ringan dan tinggal pakai atau konsumen yang
menginginkan mobil tidak berisik dan bergetar.
Dari konsumsi BBM,
mesin diesel memiliki efisiensi bahan
bakar yang lebih baik dari mesin bensin. Seperti diketahui harga Dexlite saat
ini Rp 6.656 sedangkan Pertalite Rp 6.900 dan untuk harga Pertamax Rp 7.350 dan
untuk harga Pertamina Dex Rp 8.100. Jadi, jika menggunakan Dexlite dibandingkan
Pertalite bisa menghemat Rp 250 setiap liternya.
Memang
kekurangannya tetap ada. Yaitu lebih berisik dan getarannya lebih terasa
dibanding mesin bensin. Namun tak separah diesel-diesel zaman behula. Nah
berikut plus dan minus SUV diesel bekas yang cukup populer di Indonesia.
MITSUBISHI
PAJERO SPORT
Pajero Sport tipe diesel memang lebih
populer dibandingkan dengan versi bensinnya dan hal tersebut berlaku juga di
pasar mobil bekas
KELEBIHAN
-
Postur
gagah
-
Graund
Clearance tinggi bisa melibas semua medan.
-
Handlling
mantap.
-
Kaki
kaki napak mantap sehingga tidak terasa
limbung saat melaju pada kecepatan tinggi
-
Interior
mewah dan fitur yang mumpuni dengan sistim kontrol berada di stir kemudi.
-
Bagasi
luas.
-
Harga
jual kembali masih cukup bagus.
KEKURANGAN
-
Posisi duduk kurang nyaman.
-
Suspensi
keras
-
Ban
cepat aus karena kaki kaki yang lebih napak
-
Konsumsi
bahan bakar cukup boros.
-
Harga
pasaran Mitsubishi Pajero Sport Diesel Exceed 4x2 2011 Rp 270-275 jutaan
ESTIMASI
BIAYA SERVIS 80 RIBU KOLOMETER PAJERO
Sekitar Rp 3.820.850. Dengan estimasi spare
parts yang diganti fuel fillter Rp 298 ribu, gasket Rp 11 ribu, Filter oli Rp
150 ribu, air cleaner Rp 150 ribu, brake fluid Rp 85 ribu dan coolant radiator
Rp 120 ribu. Sedangkan penggantian pelumas dan lainnya seperti Mitsubishi CF-4
Rp 422.500, Mitsubishi SP III Rp 440 ribu, Rored HD Rp 255 ribu, Air accu Rp 7
ribu, diesel purge Rp 95 ribu dan brake pad cleaner Rp 40 ribu serta ongkos
perawatan Rp 1,4 juta.
TOYOTA
FORTUNER
Seperti dengan sang rival, Toyota Fortuner
dieel memang lebih terkenal dibanding versi bensin. Dengan bodi yang cukup
bongsor, tenaga serta performa mesin diesel bisa menjadi pasangan yang cocok
untuk para pengguna fortuner untuk melibas segala medan, baik on-road maupun
off-road.
KELEBIHAN
-
Tampang
yang gagah dengan body yang bongsor dn kelihatan tangguh
-
Posisi
duduk nyaman.
-
Suspensi
empuk.
-
Spare
parts banyak di pasaran
-
Harga
jual tetap tinggi.
-
Biaya
perawatan lebih terjangkau
-
Varian
Fortuner sangat banyak
-
Bagasi
luas
KEKURANGAN
-
Fitur masih kurang dari rival.
-
Pada
kecepatan tinggi mobil terasa limbung
-
Konsumsi
bahan bakar yang cukup boros.
-
Meskipun
sudah dibekali variabel nozzle turbocharger (VNT) tenaga masih terasa loyo
-
Baris
ketiga sempit
-
Harga
pasaran untuk Toyota Fortuner Diesel 2011 tipe G Rp 260 jutaan
ESTIMASI
BIAYA SERVIS 80 RIBU KILOMETER FORTUNER
Sekitar Rp 3.150.000 sudah termasuk jasa
service, penggantian part dan pelumas. Untuk estimasi spare part dan pelumas
yang diganti, seperti saringan bahan bakar Rp 300 ribu, gasket plug carter dan
air aki Rp 30 ribu, oli mesin Rp 612.500, filter oli Rp 72.000, oli gardan dan
transmisi Rp 72 ribu, minyak rem Rp 90 ribu.
CHEVROLET
CAPTIVA DIESEL
Dari segi
kenyamanan mobil ini sudah cukup mumpuni namun dengan tenaga dan performa yang
bisa dibilang enuk
KELEBIHAN
-
Tenaga
cukup RESPONSIF.
-
Ada
pilihan penggerak 4 WD
-
Kabin
cukup luas.
-
Meski
mesin diesel getaran mobil ini tidak terasa
KEKURANGAN
-
Konsumsi
bahan bakar yang tergolong boros
-
Suspensi
keras
-
Biaya
perawatan dan spare parts cukup mahal.
-
Harga
jual kembali tidak terlalu bagus.
-
Harga
Pasaran Chevrolet Captiva AWD 2009 Rp 160 jutaan
ESTIMASI
BIAYA SERVICE 80 RIBU CHEVROLET CAPTIVA
Sekitar Rp 7.350.625, dengan estimasi
spare parts yang diganti
seperti filter oli Rp 290.429, filter bahan bakar Rp
635.531, timing belt cpv Rp 1.181,528, tensioner timing belt Rp 896.722 , puli
timing belt Rp 947.952, fan belt Rp 770.953 dan biaya service Rp 877.250.
HYNDAI SANTA
FE
Hyundai Santa Fe diesel disegmen mobil SUV
bekas cukup menjasi pilihan untuk dimiliki. Dengan performa yang tangguh serta
bodi yang cukup bongsor, bisa jadi kendaraan yang mumpuni di segala kondisi
jalan.
KELEBIHAN
-
Disain
eksterior yang futuristik
-
Performa
mesin mumpuni
-
Mobil
tahan banting dan cocok di segala kondisi jalan
-
Mobil
nyaman dikendarai
-
Handling
Mantap
-
Tingkat
safty sudah mumpuni
-
Harga
jual bertahan
-
Suspensi
empuk
KEKURANGAN
-
Perawatan cukup mahal
-
Harga
suku cadang yang tinggi.
-
Material
interior tidak terlalu bagus
-
Unit
mobil bekasnya susah dicari
-
Harga
pasaran Hyundai Santa Fe Diesel 2012 Otomatis Rp 320 juta
ESTIMASI
BIAYA SERVIS 80 RIBU KM HYUNDAI SANTA FE
Besarnya sekitar 7.457.70, dengan rincian
biaya penggantian spare parts gasket injektor Rp 450 ribu, pre filter cartridge
Rp 100 ribu, filter air cleaner Rp 174 ribu, service kit oil filter cleaner Rp
174 ribu, service kit oil filter Rp 235
ribu, gasket oil plug Rp 5 ribu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar