Kawasaki barusaja mengenalkan Ninja ZX-10R terbaru dijual
460 juta rupiah, ternyata sensasi mengendarai ZX-10R terbaru ini beda dengan versi
lama.
Apa sa ja yang mengalami perubahan
SASIS
BERUBAH
Paling kaget dengan karakter yang mudah
dikendalikan , ternyata versi baru ini dikembangkan berdasarkan masukan dari
Jhonatan Rea dan Tony Sykes yng mendominasi Word Superbike (WSBK) dengan
ZX-10R. Ubahan di sasis meliputi mendekatkan kom stir ke pengendara dan
memanjangkan lengan ayun 15,8 mm, bertujuan memusatkan bobot lebih
kedepan,sehingga handling lebih baik.
ELEKTRONIK
BARU
Tidak hanya perubahan pada sasis saja, versi
2016 ini juga dibekali perangkat tersembunyi, yaitu IMU (internal Measurment
Unit) dari Bosch 6 axis. Alat ini membaca gerakan ke depan, belakang dan
samping, akselerasi dan pengereman yang inputnya diberikan ke ECU untuk
diakuratkan dengan bukaan gas, putaran mesin, tekanan rem sehingga S-KTRC
(traction control) , KLCM (Lunch Control), KIBS ( Intelliget ABS ) dan
Cornering Management Function bisa bekerja secara maksimal, makanya handling
lebih baik dari pendahulu.
SUSPENSI
BARU
Yang bikin kaget juga remnya. Pakem
bangeeet, dilintasan lurus terpanjang dengan kecepatan tinggi roda belakang
terangkat bebrapa detik sampai rolling stoppie... tapi tidak sampai ndelosooor.
Maklum saja depan pakai kaliper Brembo M50 monoblock 4 piston yang menjepit cakram 330mm, pantas
remnya ini jadi andalan moge moge kencang.
MESIN
POWERFUL
Kalau bicara performa mesin, enggak perlu
diragukan , apalagi jika pakai Power Mode Full , klaimnya diatas 200 dk.
Walaupun bobot basah termasuk berat 206 kg namun tetap dirasakan lecutan tenaga
dahsyatnya. Apalagi kalau putaran mesin sudah menyentuh angka 8 ribu, yang
diiringi takometer berubah warna menjadi merah, wah itu sensasinya seperti naik
kuda yang dilecut keras langsung ngacir. Wajar saja karena mesinnya juga
mengalami revisi cukup banyak , kendati konfigurasi tidak berubah. Perubahan
terjadi seperti di kruk as , piston, throtlebody , dan lainnya yang bertujuan
agar karakter tenaganya lebih mudah dikontrol.
Menariknya lagi mesin ini juga dibekali Kawasaki Engin Brake Control
jika diatur low maka roda belakang jadi nggak gampang ngesot. Slipper clutch
juga ada karakter khas tetaplah terasa,
ketika turun gigi roda belakang memang sedikit liar , namun hentakan koling di
handel terasa jelas di jari. Ada juga Kawasaki Quick Shifter yang sangat
membantu cepatnya akselerasi, congkel saja langsung tuas gigi saat gaspol maka
akan pindah gigi, clutchless deh jadinya.
DATA DAN
SPESIFIKASI
Engine
Type :
Liquid-cooled 4-stroke in –line four
Compression
ratio : 13:1
Valve
induction : DOHC 16 valve
Borex
Stroke : 76x55 mm
Fuel
System : Fuel
injection with dual injection
Ignition : Digital
Starting : Electric
Lubrication : Forced lubrication, wet sump with oil
cooler
Maximmum
torque : 113,5 Nm/ 11.500 rpm
Maximmum
Power : 198 dk/ 13.000 rpm
Maximmum
Power with RAM Air : 208 dk/13.000 rpm
Transmision : 6 speed return
Clutch : Multi disc Manual
Frame
Type : Twin spar cast
Aluminium
Rake/Trail : 25” /107 mm
Tyre
front :
120/70 ZR17M/C (58W)
Tyre
rear : 190/55 ZR17M/C (75W)
Dimention
(LxWxH) : 2.090
x 740x 1.145 mm
Whelebase : 1.440 mm
Graundclearance :
145 mm
Fuel
Capacity : 17 liter
Seat
Hight : 835
mm
Crub
mass : 206 kg
Brake
front : Dual Semi
Floating 330mm discs, Caliper : Dual radial mount opened 4 position
Brake
rear : Singgele 220
discs, Caliper : Singele bore pin slide, alumunium piston
Suspension
front :43mm inverted balanc
tree front fork with external compresion camber, compresion and rebound damping
and spring preload ajustability and top-out springs
Suspension
rear : Horizontal Back link with BFRC lite gas changed shoc pygiback
reservoir compresion and rebound dumping and spring preload adjustability and
top-out spring
Tidak ada komentar:
Posting Komentar