Beberapa saat lagi untuk versi Indonesia
tidak jauh berbeda. Di Indonesia bernama
Suzuki GSX-R150 karena mengusung kapasitas mesin lebih besar yaitu 150 cc
Mari lebih detai dengan jagoan baru Suzuki
di Eropa Suzuki GSX-R125, yang nantinya
di Indonesia bernama Suzuki GSX-R 150, secara basis keduanya dibekali dengan
mesin dari Suzuki Satria F 150 yang sudah injeksi.
Khusus Eropa
dilakukan stroke down. Piston tetap pakai diameter 62 mm, tapi langkah cuman
41,2 mm , sedangkan Satria 48,4 mm. Wajar jika kapasitas ruang bakarnya jadi 124,4 cc
Sedangkan versi Indonesia nanti memakai mesin
sama persis Satria F 150, ada perbedaan tapi tidak banyak, seperti stingan ECU
dan beberapa yang lain harap sabar tunggu tanggal mainnya.
Riding positionnya racy, posisi badan
dipaksa nunduk mengikuti stang yang under yoke, karena joknya rendah dan
cenderung datar jadi tidak serunduk Yamaha R 15. Tiinggi joknya juga
bersahabat hanya 785 mm, buat rider 165
sampai 170 cm masih sangat nyaman.
Didukung tangki 11 liter yang ramping mudah
dijepit membuat kaki gampang menjangkau aspal saat berhenti. Dila dibandingkan
dengan All New Honda CBR 150R rasanya tak beda jauh , produk Honda ini
tingginya 787 mm, mirip lah.
Di area stang, paling menarik perhatian
adalah segitiga atas yang berlubang dan tidak ada lubang kunci. Sudah ada
key-less ignition system, anak kunci yang juga dilengkapi dengan answer back
system ini cukup dikantongi lalu putar knob ke posisi on dan tekan tombol
starter, mesin langsung menyala.
Rasanya di segmen sport bike 150 cc, system ini yang pertama di Indonesia. Pemandangan
lainnya adalah Spidometer kotak bentuk dan berukuran persis sama dengan
indikator Satria F 150 terbaru. Di area
kaki-kaki palang peleknya terlihat kurus. Ban belakangnya gendut . ukuran 130, tapi karena bodinya
langsing tetap nggak kelihatan kekar. Disc brake nya model wave yang ternyta
disuplai oleh Bybre, anak perusahaan Brembo untuk motor entery level.
Dan tentunya sudah dilengkapi antilock brake system (ABS) ,
Swing arm bisa saja karena masih besi kotak , tapi monoshock nya pakai link.
Uniknya , kiprok di taruh di luar, tepatnya dibawh jok sisi kiri.
HARAPAN
SUZUKI INDONESIA
Gosopnya santer jika GSX-R150 ini akan
launching di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 awal November mendatang bersama
versi naked bike-nya. Bukan cuma dilaunching tetapi juga menjadi penanda
dimulainya produksi motor sport ini di pabrik perakitan milik PT SIS
Setelah discontinue banyak model, GSX-R
150 ini diharapkan akan menjadi kebanggaan Suzuki. Tidak cuma dibuat untuk
pasar lokal, tapi Indonesia juga jadi basis produksi di Asia Tenggara sampai ke
Eropa. GSX-R 125 untuk pasar Eropa pun dibuat di Indonesia.
DATA
SPESIFIASI
Mesin : 4
stroke, 1-cylider, liquid-cooled DOHC
Bore x
Stroke : 62,1
mm x 41,2 mm
Kapasitas
mesin :
124,4 cc
Rasio
kompresi : 10,2 :1
Sistim
Bensin : Fuel injection
Sistim
starter : Electrik
Sistim
pelumasan : Wet sump
Transmisi : 6 speed constan mesh
P xL xT :
1.975 mm x 670 mm x 1070 mm
Sumbu
roda : 1.300 mm
Jarak
terendah : 150 mm
Tinggi
jok : 785 mm
Berat : 125 kg.
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar