Setelah
diproduksi didalam negeri, All New Honda CBR 150R laris manis. Di jalanan sering banget ketemu
motor sport fairing yang kini pakai sasis teralis ini. Penggunanya kebanyakan
remaja yang menyukai kecepatan. Jangan
hanya menikmati performa dan larinya saja, tapi jadwal service berkala dilupakan. Perhatikan juga
penggantian suku cadang yang sudah habis masa pakainya.
Demi menjga
performanya tetap prima dan aman, tiap 4000 km wajib mampir ke bengkel resmi
untuk melakukan pengecekan, daftar pengcekannya ada di tabel. Detail nya
pastikan penggantian busi NGK berkode CR8E atau DENSO berkode U24ESR-N pada tiap 8000 km, pastikan
kondisi busi serta gabnya yang ideal adalah 0,7-0,8 mm.
Oli mesin juga
wajib di ganti setiap kelipatan 8.000 km, yang direkomendasikan mempunyai
viskositas SAE 10-30W volumenya 1 liter. Di bengkel AHASS, salah satunya ada AHM Oil SPX1 yang
sesuai, speknya SJ JASO MA. Jangan lupa bersihkan juga kasa oli mesin setiap
12000 km
Masih seputar mesin
perhatikan filter udara, tipenya basah maka haram hukumnya untuk dibersihkan,
langsung ganti tiap kelipatan 160.000 km atau bisa lebih cepat tergantung
daerah yang dilaluinya.
Untuk jarak
renggang klep, periksa setiap 24.000 km. Untuk klep ini jarak kerenggangannya
0,mm, sedangkan klep ex 0,025mm dengan toleransi 0,03 mm, jika sudah meleset dari rekomendasi,
kembalikan jarak kerenggangannya dengan
mengganti shim.
Lanjut ke
kaki-kaki, paling diperhatikan adalah ketebalan kampas rem, jangan sampai blong
ya, dan jangan lupa intip juga rantainya , pemilik CBR 150R banyak yang malas
melumasi rantai, sehingga jadi kering dan berisik umurnya pun jadi lebih
pendek. Terlebih lagi di musim hujan. Sebenarnya bisa dilakukan sendiri tiap
500 km. Pengurasan tanki bensin dilakukan tiap kelipatan 10.000 dan servis
injeksi setiap 20.000 km
DAFTAR
PENGECEKAN
Bersihkan
pernafasan bak mesin
Ganti Oli
mesin
Bersihkan
kasa oli mesin
Periksa
saliran bahan bakar
Periksa cara
kerja gas tangan
Periksa busi
Periksa
putaran stasioner mesin
Periksa
cairan pendingin radiator
Periksa
sistim pendinginan
Periksa dan
lumasi rantai roda
Periksa
minyak rem
Periksa
keausan kampas rem
Periksa
sistim rem
Periksa
switch lampu
Periksa arah
sinar lampu depan
Periksa sistim kopling
Periksa
standard samping
Periksa
suspensi
Periksa mur,
baut dan pengencang
Periksa
bearing kepala kemudi.
DAFTAR HARGA
SPARE PARTS
Service
lengkap : Rp 186.000
Kuras
tangki+PGMF1 : Rp 99.000
Kampas rem depan : Rp 54.000
Kampas rem
belakang : Rp 22.000/ 8.000 km
Filter Udara : Rp 48.000/ 16.000
km
Oli : Rp
50.000/ 8.000 km
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar