Mesin turbocharge,
value for mony tinggi dan fitur berlimpah di atas sempitnya kabin membuat nyapantas dilirik di segmen mobil yang berkembang ini.
Ketika PT General
Motors Indonesia (GMI) akhirnya merilis Trax Desember silam. Ternyata ini
adalah versi facelift-nya yang diperkenalkan sekitar mei 2016 di Chicago Auto show, membuat para pemesan inden di
Indonesia gigit jari mengetahui mereka harus puas dengan versi lamanya
Tetapi harga Rp 296
juta untuk varian LTZ, tetap membuatnya menjadi pilihan yang patut dilirik,
sementara Nissan Juke 1.5 CVT yang sudah rilis dahulu dijual Rp 11 juta lebih
murah dan Honda HRV 1.5 LE CVT ini lebih
mahal Rp 4,4 juta. Belum lagi , output dan torsi mesin jadi yang terbesar di
kelasnya dengan kapasitas mesin yang terkecil.
Bahkan komplain
mayor kami satu satunya adalah ruang depan yang terasa lebih kecil dibanding dengan dimensi eksteriornya.
Mari kita simak hasli tes
sebagai berikut
FITUR
Ketika kami katakan
value for money tinggi, tentu karena terdapat sederet fitur , sebut saja cruise
control, auto headlight, sunroof dan ECM
Lebih down to earth
fitur seperti TPMS sederhana yang akan menyala bila ada salah satu tekanan ban
yang kurang. Hill Start Assist, 6 airbags, ISOFIX, 4 sensor parkir dan kamera
mundur semakin membuat trax fungsional.
Namun ajaibnya hal
yang krusial seperti spion lipat elektrik tidak ada, justru diprioritaskan
heated miror. Begitu juga lampu DRL dengan bohlam halogen, yang membuat
kebanyakan orang lain cenderung mengira lampunya lupa dimatikan ketika siang
hari.
PERFORMA DAN KONSUMSI
Bila tenaga mesin
1400 cc biasanya hanya berkisar 100 dk, Chevrolet boleh berbangga jantung Ecotech nya punya output 138 dk dengan torsi 200 Nm, berkat bantuan
selongsong keong kecilnya. Praktis, hal tersebut membuatnya terasa tidak
mengecewakan di jalanan.
Responnya hampir
linier , sehingga turbo lag sambil menunggu boost penuh pada 1850 rpm minim
hampir tak terasa. Tentu akselerasi paling berisi di putaran tengah hingga
sekitar 5.000 rpm, yang dilanjutkan perpindahan gigi 6 percepatan yang mulus
dan cepat.
Memang sedikit
terdengar sedikit bunyi khas rasio transmisi tinggi di gigi 1 dan 2 yang cukup
intrusif, namun siapa peduli ketika angka 0-100 km /jam yang didapat lebih
cepat 1 detik dibanding HRV 1.8 CVT ,
mesin jadi aspek terbaik Trax.
Perihal konsumsi
BBM khas mesin turbo yang tidak begitu
brilyan ketika forced induction-nya sudah aktif , ditunjukkan dengan angka di
MID yang mentok pada 6,5L/ 100 km, untung kapasitasnya hanya 1.364 cc
membuatnya unggul setelah bermacet ria di jakarta yang tetap bisa menghasilkan
angka 11 km/liter
Namun sempat
terasa gejala knocking di awal pemakaian. Pantas saja, membuka kap bensinnya tetera angka anjuran minimal RON
95, sehingga pilihan bahan bakarnya pun menyempit pada varian termahal yaitu
Pertamax Turbo 98.
HANDLING DAN KENYAMAN
Sepertinya GMI
berusaha buktikan ketika sempat mengadakan
sesi test drive Trax di Sirkuit Sentul
handling Aveo versi SUV ini sangat baik. Steringnya terasa responsif dan
natural, EPS pun tidak membuat putarannya terlalu berat di kecepatan rendah
maupun terlalu ringan di kecepatan tinggi.
Pelek 18 inci membuatnya enjoyable to drive, meski mengorbankan
kepraktisan dengan radius putar 5,6 m.
Kontur jalan yang
buruk yang lumayan terasa karena profil ban tipis 215/55 cukup diredam suspensi
empuknya, yang untungnya tidak membuat bouncy selama masih mengikuti speed
limit di jalan tol.
Tetapi jika lebih
memprioritaskan kelembutan berkendara, varian LT dengan pelek 16 inci, bisa
jadi pilihan masuk akal. Duduk di kabin, sayangnya bagi yang berbadan besar ,
mungkin jok akan terasa terlalu mengikat. Belum lagi disain dasbord yang pendek
dan door trim ekstra tebal, yang membuat
DATA SPESIFIKASI
Mesin :
Ecotec 1.4 L 4-silinder segaris
dengan turbocharger dan dual CVCP
Kapasitas : 1.364 cc
Rasio kompresi
: 9,5: 1
Layout mesin
: Mesin depan dengan pengerak
roda depan.
Output maksimum
: 138 dk @ 4.900-6000 rpm
Torsi maksimum
: 200 Nm @ 1.850-4.900 rpm
Transmisi
: Otomatis, GM 6 –percepatan
dengan Triptronic
Dimensi (pxlxt)
: 4.248 mm x 2.035 mm x 1.674 mm
Wheelbase
: 2.555 mm
Ground Clearance
: 158 mm
Radius putar
: 5,6 m
Sistim kemudi
: EPS (Elektronoc Power Steering)
Suspensi Depan
: Mc Pherson Strut
Suspensi Belakang
: Compound Crak Rear Axel
Rem depan/belakan :
Cakram ventilasi/ Cakram dengan ABS, EBD, dan PBA
Ukuran ban
: 215/55 R18
Berat
: 1.380 kg
Kapasitas
Tangki : 53 liter
Harga
: Rp 296.000.000
DATA TEST
AKSELERASI
0-60 km/jam :
4,1 detik
0-100 km/jam :
9,6 detik
40-80 km/jam :
3,6 detik
0-201 km/jam :
11 detik
0-402 km/jam ;
17 detik
KONSUMSI BBM
Dalam kota : 11 km/liter
Luar kota :
16,1 km/liter
Konstan 60 km/jam :
23,3 km/liter @1.600 rpm
Konstan 100 km/jam :
16,1 km/liter @ 2.000 rpm
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar