Ketika kita masuk ke kabin New Honda Brio Satya E CVT.
Terasa seperti anak muda. Kelir two tone (hitam dan beige) di bagian dasbord dan
door trim yang hidup terasa lebih
berwarna.
Tekan dulu tombol On/Off Ac yang berada di bawah head unit double DIN,
baru kemudian atur kecepatan blower (kiri) juga
temperaturnya (kanan). Untuk yang satu ini sudah digital dan ini membuat
mobil LCGC yang satu ini ada kesan mewahnya.
KONSUMSI
BENSIN
Selanjutnya mari kita jalan-jalan bersama
si mungil ini yang menggunakan mesin 1.2L CVTi-VTEC. Mengganti transmisi
otomatis yang konvensional dengan CVT, diklaim bisa membuat New Brio Satya
lebih responsif dan irit .bbm.
Pada pemakaian kota yang trek nya datar
datar saja, penggunaan transmisi CVT membuat perjalanan terasa halus. Saat
melakukan stop and go, performa performa mesin yang dirasakan sangat mencukupi
untuk penggunaan sehari hari.
Dengan menggunakan bahan bakar RON 90, angka
pemakaian dalam kotanya mencapai 13,4 km/l. Ini bisa dibilang irit, mengingat
perjalanannya yang acap kali terjebak macet. Urusan konsumsi pemakaian bahan
bakar tidak hanya untuk perjalanan dalam kota saja. Diajak meluncur ke luar
kota yang tentunya masih seputar Jakarta , anka average di spidometer
menunjukkan pemakaian 19,0 km/l.
Semakin bikin penasaran saja soal konsumsi
bahan bakarnya . Coba lagi dengan kondisi melaju konstan 60 kpj dan 100 kpj...
penasaran? Silahkan lihat data di bawah.
Oya ada beberapa perbaikan yang dilakukan
oleh PT Honda Prospect Motor terhadap mesin New Brio Satya. Intinya dari
perbaikan itu mampu mengurangi gesekan pada piston dan chrankshaft. Sistim
pendinginan ini juga tidak luput dari perbaikan. Dengan apa yang sudah
dilakukan tersebut, performa mesin
maksimal mengalami tekanan 2 dk (dari sebelumnya 88 dk, sekarang jadi 90
dk). Torsi yang bisa dikail juga ikut berubah meski tipis jadi 109 Nm jadi 110
Nm.
Mengacu pada , performa mesin tersebut dicoba dengan menggunakan alat ukur Relogic,
hasilnya 0-60 kpj bisa ditempuh dalam 6,2
detik dan pada jarak 402m angkanya 19,2 detik.
DATA
SPESIFIKASI
Mesin : L1.2B 4 silinder segaris
SOHC 16 katub dengan i-VTEC dan DBW
Kapasitas : 1.198 cc
Rasio
Kompresi : 10,3: 1
Lay out
mesin : Mesin Depan dan Pengerak Roda Depan
Tenaga
Maksimum : 89 dk @ 6.000 rpm
Torsi
Maksimum : 110 Nm @ 4.800 rpm
Transmisi : Otomatic CVT
Dimensi
(pxlxt) : 3.610 mm x 1.680mm x
1.485 mm
Wheelbase : 2.345 mm
Radius
Putar : 4,5 m
Graund
Celarance : 145 mm
Sistim
kemudi : Elektronic power
steering (EPS)
Suspensi
Depan : Mac Pherson Strut
Suspensi
Belakang : H- Shape Torsion Beam
Pem Depan/
Belakang : Cakram ventilasi dengan ABS dan EBD /
belkqng teromol
Ukuran
Ban : Bridgestone
Turanza 185/55/R15
Kapasitas
tangki : 35 Liter
Berat : 930 kg
DATA TES
Akselerasi
0-60
kpj : 6,2 detik
0-100
kpj :
13,3 detik
0-201 m :
13 detik
0-402 m :
19,4 detik
Konsumsi
Dalam
kota : 13,4 km/l
Luar
kota : 19,0 km/l
Konstan 60
km/j : 25,7 km/l
Konstan 100
km/j : 20 km/l
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar