Akhir September kemarin kami dapat jadwal
meliput Deep Forest Chalange. Lokasinya berada di daerah perkebunan teh dekat
ciwidey Bandung, sudah pasti jalurnya sedikit light off-road.
Tadinya kami menyiapkan jip 4x4 milik
kantor untuk berangkat meliput. Namun ternyata sebelum berangkat kami mendapat
pinjaman Toyota All-New Fortuner. Walau SUV seven seater All New Fortuner ini
adalah versi 4x2 tentu dong masih sanggup kalau cuman ke basecam.
Malam sebelum berangkat ke Bandung kami
menyiapkan dulu peralatan camping yang ajan digunakan selama disana. Untungnya
All New Fortuner dilengkapi dengan pintu belakang motorized. Meskipun tangan
diisi beberapa barang kecil, tetap mudah mengakses ke area belakang atau
bagasi. Fitur ini biasa ditemui pada kendaraan yang mewah atau Luxury.
Setelah kami siap kami pun langsung menujun
Bandung, berhubung kondisi masih tengah malam, diputuskan untuk mengambil jalur
Cipanas- Puncak. Ini sat yang tepat untuk merasakan tenaga mesin Diesel baru 2
GD-FTV berkapasitas 2.400 cc. Sesuai perkiraan, tanjakan berangkai menuju
Puncak ini bukan masalah buat mesin diesel baru andalan Toyota ini. Berkat
turbo VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler front mount besar yang berada
di bumper depan, tenaga yang diluapkan lebih maksimal. Dengan 150 dk dengan
torsi sebesar 400 Nm, tanjakan-tanjakan aspal bukan masalah berarti.
Kalau merasa masih kurang bisa gunakan
mode Power. Respon throttle pun jadi lebih galak dari biasanya. Mesin ini baru
dipasangkan dengan transmisi otomatis 6 speed terbaru yang tak kalah menarik.
Pada mode S (Sport), perpindahan gigi akan mendukung gaya mengemudi yang
agresif . Padukan mode S dengan Power
Mode di mesin , maka All New Fortuner akan menjelma jadi SUV yang sangat
responsif.
Meski lebih bertenaga , tapi mesin ini
lebih efisien sekitar 16% dibanding yang lama. Ditambah lagi, ada mode
berkendara ECO. Begitu tombol ECO MODE diaktifkan, mesin akan bekerja smooth
agar konsumsi bahan bakar lebih efisien.
Selama perjalanan kami pun menikmati
berbagai fitur menarik ALL NEW FORTUNER, seperti dihibur head unit canggih. Sistim
audio berbasis android ini bukan hanya mampu memainkan berbagai format file
audio, tapi juga video .dab dilengkapi built–up GPS untuk membantu navigasi.
Perjalanan jadi nyaman dan aman.
Lampu atap di kabin depan juga praktis, MID
pada panel dasbord cukup inofatif, dengan menunjukkan suhu, konsumsi bbm,
posisi gigi presneling, dan tentu saja kecepatan. Semua fitur ini didesain
untuk memberikan kenyamanan, sekaligus kemewahan yang tak ada di model
sebelumnya. Dan memang ketika duduk di kabin, nuansa nyaman dan mewah langsung
terasa. Jok pengemudi dengan pengaturan elektrik, head unit berbasis android
dengan navigasi , hingga adanuya soft touch panel, yakni bagian interior yang
sengaja dibuat lembut, karena kerap dijadikan sandaran kaki atau dengkul. Harus
diakui aura SUV luxury jauh lebih terasa ketimbang generasi terdahulu nya.
Setelah
perjalanan beberapa jam yang terasa singkat, akhirnya kami sampai di
daerah Ciwedy, Bandung. Lokasi yang kami
tuju masih di dalam perkebunan teh. Hujan lebat mengguyur cukup panjang siang
itu. Tentu ini tidak ada pengaruhnya apa apa untuk All New Fortuner. Kami hanya
perlu berhati-hati di jalanan perkebunan
teh. Karena permukaan jalan berbatu yang licin akibat hujan.
Disain sasis baru pada All New Fortuner
terasa saat melewati permukaan jalan seperti ini. Hasil penyempurnaan sasis
berbasis All New Kijang Inova jadi
ketangguhan dn kenyamanan All New Fortuner.
Dengan sasis yang lebih rigid suspensi akan
bekerja optimal. Hentakan dari jalan berbatuan bisa dengan baik diredam oleh
sistim suspensi. Guncangan dari
suspensi tidak terlalu terasa di dalam
kabin, dan tidak terasa lagi kesan sasis pick Up pada generasi sebelumnya.
Walau All New Fortuner yang digunakan
berpenggerak 4x2, tetapi kami cukup tertolong. Memang buang jauh jauh untuk masuk sedikit dalam trak off-road
karena berbahaya untuk penggerak 2 roda. Tapi untuk sekedar keluar masuk area basecam menuju trak off road melewati jalanan berbatu , All New Fortuner
ini lebih dari memadai. Dan yang penting, liputan kali ini berjalan aman dan
nyaman.
FITUR
Penuh nuansa kemewahan dan fitur terkini.
Dari head unit berbasis android yang dapat memutar segala macam format lagu serta video, hingga sistim navigasi yang
sudah built-in. MID pada panel dasbor cukup inovatif, dengan menunjukkan suhu,
konsumsi bbm, posisi gigi presneling, dan tentu saja kecepatan. Semua fitur ini
didesain untuk memberi kenyamanan, sekaligus kemewahan yang tidak ada di model
sebelumnya.
MESIN
Mesin commonrail diesel 2GD-FTV dengan
tenaga 150 dk dan torsi 400 Nm, performa All New Fortuner terasa sangat
menyenangkan, dan cenderung agresif jika menggunakan power mode. Selain
Intercooler front mount yang lebih efisien, mesin ini juga menggunakan unit
turbocharger yang lebih kecil dari Fortuner lama. Ini tidak mempengaruhi tenaga
jadi lebih galak di putaran rendah dan
menengah.
ENAM VARIAN
Yang kita
ajak jalan-jalan adalah All New Fortuner
tipe 2.4 VRZ A/T
Ada Varian
yang lain plus estimasi harga
2.7 SRZ A/T
9 (mesin bensin) Rp 509.000.000
2.4 VRZ
A/T
Rp 494.000.000
2.4 G A/T
Rp 460.000.000
2.4 G N/T
Rp 442.000.000
2.4
VRZ4x4 A/T Rp 575.000.000
2.4 G 4x4 A/T Rp 557.000.000
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar