Peredam kejut atau
shokbreker memang mengalami perkembangan
sesuai dengan meningkatnya teknologi
sepeda motor. Saat ini sudah banyak yang mengaplikasikan sistim
upside-down atau inverted sebagai shokbraker standard. Bahkan beberapa produk
after market pun menjualnya sebagai piranti aksesoris.
Pada
perkembangannya shockbraker memang sekedar membuat bantingan roda tak langsung terasa pada
penunggangnya. Mulai dari sekedar memakai springer dan batang ke as roda, lalu
gabungan shokbreker dan per seperti pada vespa
Perkembangannya pun
dilakukan lagi pada bidang peredam kejut ini, maka dibuatkan sistim teleskopik
yang lebih simpel dan efektif, selain meredam kejut, juga memberikan efek pengendalian yang baik saat
pengereman karena daya bantingannya yang halus.
Lantas dibuatlah
penyempurnaan lagi dengan sistip terbalik atau
uside down. Sistim ini membuat redaman jadi lebih baik, karena sanggup
menahan benturan unsprung weight, yang berasal dari komponen roda itu sendiri
kala berayun dalam permukaan tak terlalu bergelombang.
Lalu
bagaimana dengan perawatannya dibanding
dengan shokbreker konvensional? Perlukah penanganan khusus pada shokbreker
jenis ini. Ternyata masih mirip
shokbeker biasa , beda-beda dikt lah. Yang penting adalah menjaga agar
batangnya tidak baret, dengan bentuk yang berbeda dengan shokbreker
konvensional, bagian bawah yang masuk ke dalam akan lebih rentan terkena
kotoran. Memang seperti itu, lihat saja tipe tipe tunggangan yang menggunakan
shokbraker ini, bahkan yang digunakan
untuk of road seperti supermoto atau trail akan ada pelindung di bagian bawah
shokbrakernya.
Intinya agar
menjaga batang bawah tidak kotor, sehingga ketika bekerja naik turun tidak
merusak silnya. Kerusakan shokbraker umumnya silnya nggak rapat lagi. Kalau
sudah begini tentu akan merembes olinya, sehingga mengurangi kinerja
shokbraker. Agar bisa terjaga dengan baik selayaknya dibersihkan batang
shokbrekernya rutin jika terlihat kotor. Bisa pakao lap basah lalu dilap kering
sehingga tidak ada kotoran yang melekat.
Lebih baik lagi dibersihkan
dengan menggunakan air dan sabun agar
kotoran tidak melekat. Sesuaikan juga isi olinya dan gunakan oli shokbraker
agar pas.
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar