Translate

Minggu, 02 Oktober 2016

TES RIDE KAWASAKI ZX-10R 2016

                                       


Kawasaki barusaja mengenalkan Ninja ZX-10R terbaru dijual 460 juta rupiah, ternyata sensasi mengendarai ZX-10R terbaru ini beda dengan versi lama.
Apa sa ja yang mengalami perubahan

SASIS BERUBAH


   Paling kaget dengan karakter yang mudah dikendalikan , ternyata versi baru ini dikembangkan berdasarkan masukan dari Jhonatan Rea dan Tony Sykes yng mendominasi Word Superbike (WSBK) dengan ZX-10R. Ubahan di sasis meliputi mendekatkan kom stir ke pengendara dan memanjangkan lengan ayun 15,8 mm, bertujuan memusatkan bobot lebih kedepan,sehingga handling lebih baik.

ELEKTRONIK BARU


   Tidak hanya perubahan pada sasis saja, versi 2016 ini juga dibekali perangkat tersembunyi, yaitu IMU (internal Measurment Unit) dari Bosch 6 axis. Alat ini membaca gerakan ke depan, belakang dan samping, akselerasi dan pengereman yang inputnya diberikan ke ECU untuk diakuratkan dengan bukaan gas, putaran mesin, tekanan rem sehingga S-KTRC (traction control) , KLCM (Lunch Control), KIBS ( Intelliget ABS ) dan Cornering Management Function bisa bekerja secara maksimal, makanya handling lebih baik dari pendahulu.

SUSPENSI BARU


    Yang bikin kaget juga remnya. Pakem bangeeet, dilintasan lurus terpanjang dengan kecepatan tinggi roda belakang terangkat bebrapa detik sampai rolling stoppie... tapi tidak sampai ndelosooor. Maklum saja depan pakai kaliper Brembo M50 monoblock 4  piston yang menjepit cakram 330mm, pantas remnya ini jadi andalan moge moge kencang.

MESIN POWERFUL


    Kalau bicara performa mesin, enggak perlu diragukan , apalagi jika pakai Power Mode Full , klaimnya diatas 200 dk. Walaupun bobot basah termasuk berat 206 kg namun tetap dirasakan lecutan tenaga dahsyatnya. Apalagi kalau putaran mesin sudah menyentuh angka 8 ribu, yang diiringi takometer berubah warna menjadi merah, wah itu sensasinya seperti naik kuda yang dilecut keras langsung ngacir. Wajar saja karena mesinnya juga mengalami revisi cukup banyak , kendati konfigurasi tidak berubah. Perubahan terjadi seperti di kruk as , piston, throtlebody , dan lainnya yang bertujuan agar karakter tenaganya lebih mudah dikontrol.  Menariknya lagi mesin ini juga dibekali Kawasaki Engin Brake Control jika diatur low maka roda belakang jadi nggak gampang ngesot. Slipper clutch juga ada  karakter khas tetaplah terasa, ketika turun gigi roda belakang memang sedikit liar , namun hentakan koling di handel terasa jelas di jari. Ada juga Kawasaki Quick Shifter yang sangat membantu cepatnya akselerasi, congkel saja langsung tuas gigi saat gaspol maka akan pindah gigi, clutchless deh jadinya. 



DATA DAN SPESIFIKASI
Engine Type                   :  Liquid-cooled 4-stroke in –line four
Compression ratio         :  13:1
Valve induction              :  DOHC 16 valve
Borex Stroke                   :    76x55 mm
Fuel System                     :    Fuel injection with dual injection
Ignition                            :    Digital
Starting                            :    Electric
Lubrication                      :    Forced lubrication, wet sump with oil cooler
Maximmum torque       :    113,5 Nm/ 11.500 rpm
Maximmum Power        :    198 dk/ 13.000 rpm
Maximmum Power with RAM Air : 208 dk/13.000 rpm
Transmision                    : 6 speed return
Clutch                              :  Multi disc Manual
Frame Type                     : Twin spar cast Aluminium
Rake/Trail                        :   25” /107 mm
Tyre front                        :   120/70 ZR17M/C (58W)
Tyre rear                         :    190/55 ZR17M/C (75W)
Dimention (LxWxH)       :   2.090 x 740x 1.145 mm
Whelebase                      :   1.440 mm
Graundclearance           :    145 mm
Fuel Capacity                  :    17 liter
Seat Hight                       :    835 mm
Crub mass                       : 206 kg
Brake front                     : Dual Semi Floating 330mm discs, Caliper : Dual radial mount opened 4 position
Brake rear                       : Singgele 220 discs, Caliper : Singele bore pin slide, alumunium piston
Suspension front           :43mm inverted balanc tree front fork with external compresion camber, compresion and rebound damping and spring preload ajustability and top-out springs
Suspension rear             : Horizontal Back link  with BFRC lite gas changed shoc pygiback reservoir compresion and rebound dumping and spring preload adjustability and top-out spring


  THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar