Waspadalah curah hujan pada bulan bulan
basah. Sebaiknya persiapkan kendraan harian anda agar enggak terjadi apa apa
saat dibawa berkendara di musim hujan. Selain harus bersiasat dengan curah air
dari langit juga mesti perhatian bagaimana air membasahi aspal. Contohnya bisa
mengecek kembangan ban, bila sudah tipis dianjurkan untuk membeli ban baru demi
keselmatan. Atau bisa juga dicek karet wiper yang sudah tipis sebaiknya
diganti. Untuk mengetahui selengkapnya lanjut baca 5 sisat berikut.
EKSTERIOR
Sektor ini adalah bagian luar dari
kendaraan. Pastinya saat memasuki musim hujan bagian eksterior akan terkena
guyuran air hujan. Terutama bagian kaca , bila nggak dirawat bisa menimbulkan
jamur. Jamur tersebut akan mengganggu saat hujan.
Untuk mencegahnya bisa menggunakan rain
repllent, bentuknya cairan yang dilumurkan pada permukaan kaca. Hasilnya kaca
akan sepreti ada lapisan lilinnya pada saat hujan air tidak akan menempel
melainkan mengalir dengan cepat . Manun bila sudah terlanjur jamuran bisa menyambangi bengkel poles kaca.
Selain sektor kaca, yang perlu diperhatikan
adalah engsel pintu. Pernah mendengar bunyi mengganggu saat membuka pintu? Mungkin sumbernya dari engsel
. Untuk mengatasinya bersihkan engsel lalu semprot cairan penetran dan gerakkan
pintu agar cairan tersebut merata.
Setelah itu bisa diberi gemuk tapi jangan
terlalu banyak. Cara lain untuk merawat engsel pintu mobil adalah keringkan saat setelah mencuci mobil. Karena
dapat menyebabkan karatan dan akibatnya keropos.
Sektor penghapus air disaat hujan (wiper)
juga patut untuk diperhatikan. Wiper , bila karet sudah getas/ tipis enggak
bisa bekerja maksimal dan dapat menimbulkan baret pada Dutamas Fatmawati. Untuk
sektor pendukung wiper juga perlu diperhatikan. Washer kadang mampet itu
disebabkan kebersihan selang maupun lubang kurang diperhatikan . Jika sudah
mampet , lubang washer bisa dibersihkan menggunakan jarum secara perlahan.
Saat berkendara pada malam hari,
membutuhkan penerangan sinar lampu yang baik. Untuk merawatnya bisa mulai dari
mika . “Bila sudah terlihat kusam , bisa dicuci untuk mengatasinya “,tutur Wawan shifa .
Biaya yang perlu dikeluarkan sekitar Rp
150.000 sampai Rp 250.000, untuk bohlam gunakan sesuai kebutuhan. “ Untuk
bohlam bagian lampu kabut, disarankan menggunakan lampu kuning, karena bisa
menembus adanya kabut dikala hujan “ ujar si Wawan juga.
INTERIOR
Persiapan untuk menghadapi musim hujan , bisa mengganti
karpet bawaan atau dilapisi dengan karpet yang terbuat dari karet.
Untuk
perangkat lain yang ditemukan seperti fitur fitur canggih, salah satunya adalah
deffoger.
Kabut terjadi
apabila suhu antara kabin dan bagian luar tidak seimbang. Biasanya datang saat
hujan, karena kabin pasti menghidupkan AC. Adanya kabut dikaca belakang akan
menggangu pandangan pengemudi . Disinilah fungsi utama dari deffoger. “ Sistim
kerjannya adalah pemanas kaca yang akan
menghilangkan embun. “ ujar Awaludin. Pemilik toko Sumber Jaya Cibubur, Jaktim.
Selain pemanas
kaca, pada tuas untuk mengoperasikan wiper biasanya terdapat fitur intermitten
wiper yang sangat berguna ketika hujan rintik rintik. Jeda waktu antar usapan
wiper bisa diatur sesuai banyaknya tetesan air yang menerpa kaca depan.
Sama juga dengan
rain sensor. Ini merupakan pengembangan dari fitur intermitten wiper. Cara
kerjanya berdasarkan dari sensor yang berada pada bagian atas kaca pada
umumnya. Sensor ini akan membaca banyaknya air yang jatuh ke kaca kemudian
memerintahkan komputer untuk menggerakkan wiper untuk menyapu air.
Berikutnya yang
bisa digunakan saat memasuki musim hujan adalah wiper belakang . Namun jika
hujan turun masih gerimis, dianjurkan jangan aktifkan dulu, karena bisa
berakibat kaca baret. Khususnya untuk kendaraan jenis hatchback, karena debu
dan kerikil halus akan bersarang di karet wiper belakang.
Pastinya jaman
sekarang sudah banyak ditemui mobil yang sudah dilengkapi dengan fog lamp
depan. Ada lagi fitur yang tidak semua dimilili pabrikan mobil, yaitu fog lamp
belakang. Contohnya di Toyota Corolla Altis 2008/2009, terdapat perbedaan di
lampu kanan dan kiri. Ada satu lampu mundur yang berwarna merah.
Umumnya
peletakannya pada salah satu bagian lampu belakang ada juga yang berada di
bumper. “ Namun penggunanya dianjurkan hanya pada hujan deras dan berkabut,
karena dapat menyilaukan pengemudi lain.” Ujar Dadi Hendriadi, Division Head,
Technical Service Division PT Toyota – Astra Motor.
Semakin
berkembanganya zaman , teknologi washer tidak lagi terdapat pada kaca depan dan
belakang. Melainkan di lampu utama. Fungsinya untuk membersihkan kotoran atau
lumpur yang menempel karena akan membersihkan kotoran dan lumpur yang menempel
karena akan menghambat sinar lampu pada malam hari maupun saat berkendara di
hujan deras.
KAKI-KAKI.
KARETBOOT AS RODA DAN RACK STEER
Biasanya
bagian yang paling cepat
rusak pada bagian kaki kaki saat musim hujan adalahbahan yang
terbuat karet-karet. Nah . karet sepert boot as roda dan rack
steer memang mempunya masa pakai yang sangat lama, namun karet ini adalah
merupakan bagian yang sangat penting untuk di cek, “Biasanya karet kaki kaki
orisinil punya masa pakai sekitar 5 tahun jika pemakaiannya pun tidak
sembarangan “ jelas Nirwansyah, Chief Mechanik Nusantara Motor. Wira panggilan
akrapnya menambahkan jika karet rusak seperti pecah , maka air pun akan masuk
ke dalam dan dapat menimbulkan karat pada komponen tersebut. Jika sudah rusak
atau robek, segera ganti yang baru.
KARET TIE ROD, BAL LJOINT DAN LINK STABILIZER
Sama seperti
diatas komponen karet pada tie rod , ball joint dan link stabilizer juga rentan
sekali terhadap kerusakan serti robek, “ Penyebabnya bukan hanya usia terapi penggunaan
pelumas seperti gemuk yang terlalu pebanyak juga mem pengaruhi kualitas karet
jadi makin melar dan robek” jelas nya.
Keusakan karet ditandai dengan bunyi besi beradu akibat ausnya engsel
dan gesekan pada komponen tersebut.
TEKANAN ANGIN DAN TAPAK BAN
Mudah tapi sangat
penting, jika tekanan angin sangat kurang atau terlalu keras pada mobil, maka dapat
berimbas pada konsumsi BBM yang boros sehingga daya cengkeram yang tidak
optimal “ Umumnya tekanan angin yang direkomendasikan pabrik untuk ban radial
30-32 psi. Untuk tapak ban disarankan menggunakan tipe ban directional yang
diklaim memiliki pola atau motif ban paling optional dalam membuang air.
MESIN
CEK KABEL KABEL
Pada kompartemen
mesin, hal ini sangat krusial, pasalnya kabrl-kabel yang sudahmengelupas dapat
menyebabkan konsleting jika terkena air. Cek secara detai kabel pada mesin,
jika didapati kabel mengelupas segera diganti atau di selotip untuk sementara waktu.
TERMINAL AKI
Bagian ini sering disepelekan namun jika dibiarkan
berlarut-larut juga dapat menyebabkan suplai arus listrik tidak lancar. Per
tama rempelas halus lalu semprotkan cairan penetran pada terminal aki, setelah
dikeringkan barulah pasang kutup positif dan negatif pada masing masing
terminal secara rapat. Jika renggang akan menyebabkan oksidasi dan elektron
dalam aki akan menimbun di kepala aki yang dapat mengganggu suplai arus
listrik.
FILTER UDARA
Direkomendasikan untuk tetap menggunakan filter udara
standard yang direkomendasikan pabrik. Pasalnya jika filtertersebut terkena air
dalam jumlah banyak maka mesin akan mbrebet
yang paling parah mesin jadi susah di start. Jangan lupa untuk menutup
kunci filter udara standard secara rapat agar airr tidak membasahi elemen
filter.
SEKERING
Cek satu persatu
sekering pada kotaknya . Pengecekan dapat dilkukan dengan dua cara ,
yakni menggunakan tes pen dan melihat
langsung apakah tembaga didalamnya sudah hangus atau masih normal. Kalau hangus segera diganti dengan ukuran
voltase yang sama dengan yang diganti.
AKSESORI
Bila ingin menambahkan aksesori di bodi mobil anda, memasang
car side visor. Namun di indonesia lebih dikenal dengan talang air. Aksesori
ini berguna pada saat hujan ingin buka kaca, air enggak sepenuhnya masuk dalam
kabin. Selain itu bagi mobilnya yang nggak ada mud guard sebaiknya membelinya.
Perangkat ini dapat melindungi bagian bodi dari lumpur dan kerikil yang terbawa
ban saat melintasi jalan yang berlumpur dan kotor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar