Honda baru saja memasarkan The All New Honda BeAt (BeAt Fi),
sehingga pasar skutik entery level dengan kapasitas mesin 110-115 cc , jadi lengkap
setelah sebelumnya ada Suzuki Nex Fi dan Yamaha Mio J.
Bingung mau pilih yang mana? Sebagai panduan kami komparas
dari semua aspek, meliputi disain, fitur dan teknologi, riding position,
handling dan performa, konsumsi bensin dan harga .
1. 1. Fitur dan Teknologi
Pertama bicara
fitur, ketiganya lampu utama sudah Halogen. Panel indikatornya isin sama, hanya besa disain dan
penempatannya saja.
Konsol depan , ketiganya dilengkapi hanya beda ukuran. Paling kecil punya Mio J
karena hanya ada disisi kiri, sedangkan Nex F i kanan –kiri tapi yang kanan
terbilang sempit. Terlega pada Beat Fi sisi kiri muat 2 botol sedang kanan
1. Cantolan barang juga jadi fitur
ketiganya BeAt Fi sama dengan Nex Fi ada dibawah stang , sedangkan Mio J
dibawah ujung jok.
Pindah ke bagasi , lihat deh volumenya nex harus diakui
paling sempit tak seluas Mio J yang mencapai 8,1 Liter, Paling lega BeAt Fi yang mencapai
11,2 Liter.
Fitur keamanan ? Cek kontaknya BeAt Fi dan Mio J dilengkapi pengaman magnet,
hanya nex yang belum ada. Fitur keselamatan ada di Beat Fi yang dibekali side stand switch, parking
brake lock dan ada versi pakai rem CBS
Lanjut bicara teknologi . Mesin ketiganya sama sama SOHC dua
klep dengan roller rocker arm. Sistem bahan bakar injeksi hanya beda sistim dan
semprot. Teknologi Mio J bisa dibilang paling banyak . Cilinder pakai lapisan
DiASil plus piston forged. Blue Core. Sistim injeksinya dinamakan YM Jet-Fi,
cirinya Trotettle body pakai dua katup, ada assist aire passage dan imjektor
mengarah ke klep.
Sensor injeksi pada mio ada 6 , terdiri dari TPS (Throttle
Position Sensor) JAPS ( Intake Air Pressure Sensor), IATS ( Intake Air
Temperature Sensor), O2 sensor, Crank Angele Sensor dan Enggine Temperatur Sensor.
Mesin Honda Be At dibekali sistim injeksi Honda step 4,
sensor lebih sedikit untuk menekan harga jual namun tetap efisien. Sensor yang
dihilangkan Manifold Absolute Presure (MAP dan Intake Air Temperature ((IAT).
Nex Fi Sistim injeksinya pakai 7 sensor mirip Mio J yang
ditambahkan Tip Over Sensor, untuk mendeteksi sudut kemiringan . kalau jatuh
mesin otomatis mati untuk keselamatan.
2.
2. DISAIN
Bicara disain memang relatif tergantung
selera. Tapi mari kita perhatikan ketiganya, Beat Fi disainnya cenderung
agresif dan suporty dengan garis body serba tajam. Mio J cenderung lebih kalem
dengan lekukan membulat namun balutan warna ceria dari tipe teen jadi berkesan
segar . Nex Fi Garis bodi paling kaku mungkin pas untuk rider yang ingin tampil
beda.
3. 3. KONSUMSI BENSIN
Semua sudah memakai sistim pengabutan bahan
bakar injeksi, makanya jauh lebih irit dari skutik yang pakai karburator . Rata
rata mencatatkan angka diatas 40 km/lt ,
perbedaan nya sangat tipis . Pengukuran full to full, motor dipakai harian di jakarta .
Hasilnya Beat 42,7 km/lt, Nex Fi 41,3 km/lt dan Mio J 41 km/lt.
4. 4. RIDING POSITION
BeAT Fi menawarkan riding position yang santai, jok
rendah plus ramping ditambah setang Yang tinggi
bikin pengendara bertinggi 160-165 cm pun tetap nyaman. Deknya dengan
kaki bersepatu ukuran 42 hanya menyisakan sedikit ruang Sayang busa Jok lebih keras dibanding Mio J
dan Nex Fi sehingga pantat lebih cepat
panas.
Mio J juga menawarkan posisi duduk santai,
kendati stang lebih rendah . Paling terasa menyumbang kenyamanan joknya lebar
dan empuk ditambah deknya lebih luas.
Nex Fi sepertinya dirancang untuk rider mungil . Jarak jok dan stang nya
paling dekat , ujung lutut dekat dengan konsol. Saat berbelok patah ujung stang
juga gampang nempel lutut . Joknya
termasuk cukup empuk dan lebar. Sayang dek
sempit, tapi untuk pembonceng paling enak karena footstep bukan model
terpisah jadi bisa geser geser.
5. 5, HANDLING DAN PERFORMA
Ketiganya menawarkan kelincahan yang sangat
cocok untuk berkendara di dalam kota, ditunjang dengan bobot ringan dan
wheelbase pendek. Perbedaan hanya pada karakter untuk bermanufer kencang dan ketika lewat jalan yang rusak.
Untuk handling mantap masih dipegang sassis
dan kaki kaki rancangan Yamaha, kendati dibekali ban sempit, menikung begitu
mantab tanpa ragu, rasanya anteng dan nurut. Kekurangannnya di jalan rusak
suspensinya terasa keras .
BeAT nyaman saat ketemu jalan rusak karena jarak main suspensi depan panjang
dan juga empuk , hanya saja kala menikung kencang sedikit goyang saking empuknya.
Nex
Fi juga nyaman di jalan rusak ,
suspensi dan jok empuk, Namun Karena bobotnya yang paling ringan terasa
melayang jika kecepatan diatas 80km/jam.
Performa mesin silahkan baca tabel berikut
BeAT Nex Fi MIO j
0-60 Km/jam 6,7 detik 6,7 detik 7,5 detik
0-80 km/jam 13,5
detik 12,1 detik 15,3 detik
0-100 m 8,4
detik 8,4
detik 8,8 detik
0-201 m 21,7 detik 21,3 detik 22,5 detik
Top Speed 104
km/jam 105 km/jam 100 km/jam
Gila...top banget ulasannya
BalasHapusMakasih bro
Hapus