Translate

Selasa, 27 September 2016

TEKNOLOGI MESIN 1KR-VE ASTRA DAIHATSU SIGRA

                             


     Ubahan pada mesin 1KR_VE, membuatnya lebih bertenaga dan irit bahan bakar dibanding 1KR-DE milik Ayla. Untuk calon konsumen PT Astra Daihatsu  Motor (ADM) memberikan 2 pilihan mesin berdasarkan kapasitasnya. Pertama adalah mesin 1KR-VE  yang berkapasitas 1000 cc berikutnya 3NR-VE dengan kapasitas 1200 cc. Pada Daihatsu Xenia 1KR-DE dan digunakan jiga pada Ayla. Apakah kode mesin yang baru merupakan pengembangan dari mesin yang lama.
      Perbedaan tesebut yang membuat adanya perubahan tipis pada bagian torsi.  Dimana maksimum torsi yang dihasilkan mesin 1KR-DE milik Ayla 86 Nm/3600 rpm , sedangkan 1KR-VE milik sigra 89 Nm /4.400 rpm.
Mari kita lihat detail perubahannya

HIGH TUMBLE INTAKE PORT


Perubahan disain saluran bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar pada mesin 1KR-VE ini memiliki 3 kelebihan sekaligus yaitu proses pembakaran yang sempurna dan stabil, emisi gas buang yang sempurna dan mereduksi gejala knocking. Tentunya kelebihan ini akan sempurna dengan pilihan bahan bakar yang baik , minimum  beroktan  RON 92 karena kompresi mesin 1KR-VE, 11,5:1 dibanding mesin 1KR-VE,  10;1.

LONG BRANCH INTAKE MANIFOLD 

Dibandingkan dengan 1KR-DE milik Ayla. Ayla, intake manifold mesin Sigra dibuat lebih panjang. Ini dilakukan untuk mengkompensasi powe loss ketika VVT-i menkoreksi timing belt buka  tutup klep.

MICRO SPRAY INJEKTOR

Dengan injektor baru pada 1KR-VE, pengabutan bahan bakar jadi lebih sempurna dari injektor yang dipasang pada  1KR-DE. Akibatnya pembakaran yang didapat lebih sempurna. Disain injektornya mengalami perubahan. Jadi enggak bisa saling substitusi antara Ayla dan Sigra.

SUPER FINISHING VALVE LIFTER

Sistim buka tutup klep hisap dan buang Sigra, menggunakan lifter, Jadi tinggal bukaannya diatur oleh besarannya lifter nya. Pada mesin 1KR-VE, valve lifternya mengalami  perbaikan. Inti dari pembakaran yang dilakukan itu untuk meminimalkan gesekan yang timbul

VVT-i

Dengan menggunakan teknologi Variable Valve Timing with Intelligence sanggup menghasilkan torsi yang besar. Pakai VVT-i, valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udaranya akan terus menerus dikoreksi. Hal itu disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung sehingga dapat dihasilkan torsi maksimum disetiap putaran mesin

              Thanks for Watching


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar