Translate

Jumat, 13 Januari 2017

PENGECEKAN MASA PAKAI KANVAS REM CAKRAM


     Kalau ngintip yang satu ini dijamin tidak akan sakit mata, justru dapat menyelamatkan nyawa. Karena yang diintip adalah ketebalan kanvas disc brake. Kanvas rem termasuk suku cadang habis pakai. Hal yang mempengaruhi  keawetannya adalah jarak tempuh dan cara kita berkendara.
    Pengendara yang mempunyai kebiasaan jari kanan menempel di handle rem, bakalan kanvas cepat habis karena pasti terlalu sering menggunakan rem bukan engine brake. Parahnya kalau kanvasnya habis kita tidak mengetahuinya.
    Lalu yang masih bingung untuk cek kondisi kanvas bagaimana? Umumnya kanvas rem sudah ada indikatornya ketika barang tersebut aus. Posisinya ada pada samping bawah berbentuk tonjolan kecil, jika ketebalan sudah sejajar dengan tonjolan tadi maka wajib diganti.



   Melihatnya dapat diintip dari celah pada kaliper. Kalau kurang jelas tinggal dibuka kalipernya pakai kunci L. Umumnya untuk pemakaian normal, kanvas rem akan habis tiap 12 ribu kilometer atau sekitar satu tahun. Jika dibiarkan bukan hanya membuat pengereman kurang pakem atau malah blong, tapi juga dapat membuat piringan cakram rusak karena gesekan antara besi dengan besi. Jangan dianggap remeh ya.


THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar