Keberadaan Vespa
Ape alias Vespa dengan tiga roda memang fenomenal. Banyak diburu namun sosoknya
terbatas sekali ditanah air. Sekalipun ada bisa dipastikan kendaraan niaga ini
di import secara instansi ataupun
pesanan perorangan.
LAHIR DARI KEBUTUHAN.
Kelahiran Vespa
Ape sendiri memang seiring perkembangan negara kelahirannya yaitu Italia. Saat
itu setelah perang Dunia ke II, pemerintah italia memerlukan kendaraan untuk
mendukung perekonomiannya serta membangun negara yang porak poranda. Kriteria kendaraan
itu murah, irit serta mampu mengangkut banyak barang.
KURUN TAHUN 1948
Tahun 1948 Dua
tahun setelah produksi scoter Vespa Ape generasi pertama yang diproduksi saat
itu teknologi mesin mengaplikasikan Piagio Vespa, produk perdana ini mempunyai
dua pilihan dapur pacu yaitu 125 cc dan 98 cc.
Disain bodi Vespa
Ape generasi awal atau tipe A ini masih sangat sederhana. Bagian depan sebagai
kemudi modelnya meniru model skuter dengan
disain terbuka, sedangkan bagian belakang sebagai pengangkut barang
dengan boks dari kayu.
Diluar dugaan
Vespa Ape sukses diterima pasar. Modelnya yang simpel dan mudah dikendarai
memudahkan diajak bermanuver di jalan yang sempit. Belum lagi mesin yang mudah
perawatannya membuat permintaan Vespa Ape makin meningkat.
KURUN 1952
Merupakan evolusi
pertama tipe Ape atau umumnya disebut tipe B. Beberapa perubahan dilakukan
utamanya untuk memaksimalkan tenaga , kapasitas mesinnya menjadi 150 cc. Sedangkan kapasitas angkutnya
ditingkatkan untuk mampu mengangkut beban sampai 200 kg.
Dua tahun kemudian
tepatnya 1954, Ape kembali melakukan modifikai menyesuaikan dengan kebutuhan.
Lahirnya tipe ini disebut tipe C, layaknya truk model ini mampu mengangkut
beban hingga 350 kg.
Kurun 1958-1968
Ape terus
berkembang mulai daya angkut , di mensi mesin sampai modelnya . Pada rentang
produksi ini Ape di disain menjadi 5 roda. Dan pada 1958 Ape tipe D
diluncurkan, generasi ini bagian kemudi sudah didisain tertutup seperti Bajaj.
Sedangkan kapasitas mesinnya meningkat menjadi 170 cc
Tahun 1961 Ape
dibuar menyerupai truk, unyuk meningkatka kapasitas angkut disain dibuat
menjadi 5 roda , tipe ini diberi nama Pentaro. Daya angkutnya luar biasa,
layaknya truk Ape ini mampu membawa
barang seberat 700 kg.
Di
tahun 1966, teknologi mesin terus diperbaharui. Kapasitas meningkat menjadi 190
cc dan masih mengaplikasikan mesin 2 tak. Penggerak roda belakang tidak lagi
mengaplikasikan rantai melainkan menggunakan as roda gardan.
KURUN 1969
Lahirnya Apino
, merupakan besutan kesekian komersial dengan kapasitas mesin hanya 50
cc. Diluncurkannya Ape 50 ini untuk menjawab kebutuhan akan kendaraan
pengangkut barang yang mampu melintasi jalanan sempit. Meski kapasitas mesinnya
kecil namun Ape 50 mampu mengangkut barang sampai 50 kg
APE CAR 1971
Pada waktu itu Ape
Car diluncurkan, dengan adanya model ini
melengkapi karaktersistik dari sebuah truk dengan disain yang sudah
modern. Disain body Ape Car lebih besar dengan kapasitas mesin mencapai 220
cc.
APE TM 1982
Ape TM merupakan
konsep baru yang didisain Giorgetto Glugiaro disainer Piaggio.
Kapasitasnya mesinnya mencapai 220 cc, dengan sistim suspensi yang sudah
mengaplikasikan model independent. Sampai saat ini tipe Ape TM masih diproduksi
dan termasuk type Ape yang paling sukses dipasaran.
APE DIESEL 1984
Ape dengan mesin
dua tak makin ditinggalkan . Pilihannya pada mesin diesel. Ape pertama diesel
punya kapasitas 422 cc juga sudah dilengkapi gearbox dengan 5 percepatan. Pada
tahun 1986 model baru diluncurkan mampu mengangkut barang sampai 900 kg.
APE CROSS SERIES 1994
Model ini adalah
pengembangan Ape 50. Desain Ape Cross series lebih elegan, dilengkapi dengan
rool bar pada bak pengangkut barang. Tipe ini diluncurkan dengan warna yang
cerah. Meski kendaraan komersial namun Ape Cross sudah dilengkapi alarm dan
audio bagus.
APE CALESSINO 2007
Ini merupakan
model Ape klasik era tahun 60 an yang diproduksi kembali. Ape Calessino
merupakan kendaraan penumpang yang didisain khusus dengan jumlah terbatas.
Kabarnya hanya diproduksi sebanyak 999 unit.
GALERIA
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar