Translate

Jumat, 04 November 2016

PANDUAN SERVIS BERKALA YAMAHA NMAX

            


    Tidak perlu repot mengingat waktu servis sekutik bongsor Yamaha NMAX.Pasalnya, khusus penggantian oli yang dibarengi dengan perawatan berkala sudah diingatkan lewat indikator di spidometer. Begitu juga dengan waktu penggantian V-belt CVT, bisa diandalkan lewat kedipan lampu peringatan. Saat awal keluar dealer, lampu akan langsung menyala di 100 km , artinya harus ganti oli untuk pertama kalinya.



   Setelah penggantian oli pertama, nantinya indikator ini akan direset agar kembali menyala setiap 4000 km sesuai jadwal servis NMAX . Sedangkan untuk V-Belt CVT lampu akan menyala tiap 25.000 km yang berarti tiap kelipatannya harus siap untuk penggantian.



  Khusus untuk oli, direkomendasikan menggunakan Yamalube Super Matic yang dikemas 1 liter dalam tiap botol sesuai kapasitas oli mesin NMAX. Oli ini juga sudah full-synthetic  dan memiliki spek viskositas 10w-40/SL serta mengandung bahan Molybdenum. Disarankan juga untuk melakukan penggantian oli transmisi setiap kelipatan 12.000 km. Selain ganti oli jangan lupa cek juga kondisi busi. NMAX pakai NGK berkode CPR8EA-9, pastikan kerenggangannnya terjaga 0,8-0,9 mm. Jangan lupa untuk menggantinya secara berkala setiap kelipatan 8.000 km.


Untuk filter udara dengan elemen yang berlapis oli tidak perlu dibersihkan apalagi sampai disemprot angin kompresor, kandungan oli pada filter yang berfungsi menyerap kotoran justru akan hilang . Jadi disarankan untuk langsung mengganti filter yang kotor tiap kelipatan 12.000 km


  Untuk sistim injeksi selama tidak ada kerusakan yang ditandai dengan menyalanya lampu engine check atau malfunction indicator lamp (MIL) artinya tidak perlu diberi perhatian khusus. Begitu juga dengan kerenggangan klepnya, meski telah mengusung Variable Valve Actuator (VVA), prosesnya tidak ubahnya stel klep motor Yamaha yang lain. Pengecekan celah klep dilakukan tiap 8.000 km.


THANKS FOR WATCHING

                                                




Tidak ada komentar:

Posting Komentar