Mirip manusia, kerangka utama adalah
tulang punggung, yang menjadi penyangga berbagai organ tubuh lainnya. Begitupun chasis pada motor, semua tertumpu pada batang tengah ini. Jika kondisinya tidak
bagus, mempengaruhi bagian bagian lainnya.
Lihat saja bagian yang melekat pada chasis ini. Mulai dari mesin, komponen kelistrikan, hingga kaki-kaki pun bertumpu pada chasis ini. Tentunya rangka ini perlu kuat sekaligus lentur. Nah kalau terjadi kerusakan seperti pada tulang punggung terkena osteoporusis (keropos tulang) bakal berakibat pada komponen yang lain dan ketahanan kendaraan anda.
Nah untuk melihatnya tentu perlu
diperiksa. Paling mudah mendeteksinya, ketika sedang dikendarai . Jika posisi
duduk sudah tidak nyaman , atau terasa posisi stang dan jok tidak seperti biasanya
kemungkinan ada yang tidak beres.
Tapi masalah ini belum tentu berhubungan
langsung dengan Chasis utama, namun pada kaki kakinya. Sebab, bagaimana pun
kaki-kaki terhubung langsung dengan sasis, saat dikendarai bisa terasa lari
kekiri maupun ke kanan.
Misal ketika tunggangan terasa mengayun
saat berbelok, ada kemungkinan shockbraker sudah lemah, atau pun bagian lain
seperti as lengan ayun belakang. Pada as ini, umumnya terjadi keausan pada
pengikat as alias mur as. Karena bergesekan terus menerus. Sebaiknya bagian ini
diperiksa, setelah diganti baru, lumasi dulu sebelum memasang nya.
Hal lain untuk memeriksa sasis dalam kondisi baik, bisa melihat tapak roda
ketika berjalan. Bisa setelah melewati jalan basah lalu jalankan ke bagian yang
kering. Semestinya tapak roda depan dan
belalakang sejajar, jika tidak kemungkinan ada yang tak beres dengan
keselarasan kedua roda ini.
Sebenarnya sasis buatan pabrikan sngat kuat
dan lentur kalau sekedar menghajar lubang belum akan terasa masalahnya. Memang
derita awal tentunya di bagian suspensi yang menerima beban ini ketika terjadi
benturan macam masuk ke dalam lubang jalanan.
Tapi kalau lebih parah lagi , misalnya telah terjadi tabrakan, bisa
jadi pembenahan sasisnya tidak sempurna, sehingga keselarasan roda juga
terganggu. Utamanya pada suspensinya misal pada shockbraker dan perangkat
lainnya. Misal Shockbraker depan yang
bengkok bisa membuat keselarasan roda menjadi tidak baik.
Ada lagi pada skutik yang konstruksinya sedikit
berbeda dibanding motor lainnya. Sebab, mesin dan perangkat CVT-nya langsung
berfungsi juga menjadi piranti suspensi.
Pada skutik mounting mesin enggak beres
juga bisa berpengaruh pada kestabilan pengendaraan, karena memang fungsinya
sudah mirip dengan lengan ayun.
Sementara yang berkaitan langsung dengan
sasis, adalah memperhatikan beberapa sisi yang kemungkinan terserang kerusakan.
Seperti pada bagian yang dekat dengan rumah aki, kemungkinan adanya korosi dari
uap air ketika motor dijalankan. Agar kondisinya selalu baik, sebaiknya selang
pembuangan hawa dari aki tetap dijaga agar selalu menempel dengan baik. Sebab
kalau terserang sasis akan keropos seperti tulang terkena osteoporosis.
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar