Tidak hanya pada manusia saja yang dapat
didera masuk angin. Namun masuk angin pun ternyata populer juga dikalangan
pengguna mesin diesel. Mesin diesel yang masuk angin akan mengalami kesulitan
saat dihidupkan dan apesnya, saat dihidupkan mesin terasa loyo tidak bertenaga.
Masuk angin pada mesin diesel ini pun
sering juga disebut sebagai “ Angin Palsu”.
Pada prinsipnya, terjadinya masuk angin ini
disebabkan oleh hilangnya kevakuman pada jalur bahan bakar dari tangki menuju
pompa injektor. Penyebab utama dari
ketiadaan kevakuman ini tidak lain adalah udara, sifat udara selalu mengisi
tempat yang kosong, artinya apabila terdapat celah pada saluran bahan bakar
yang memungkinkan anin masuk ke dalamnya, maka pada saat itulah terjadi suatu
kondisi yang disebut masuk angin.
Kondisi kevacuman ini dapat dicontohkan pada
sedotan yang kita tutup lobang di satu ujungnya. Selama kita tutup rapat lubang
itu, maka cairan yang ada pada sedotan tersebut tidak jatuh tumpah ke bawah.
Kurang lebih seperti itulah yang terjadi pada saluran bahan bakar apabila ada
angin palsu. Solar kembali ke dalam tangki sehingga pada saat di starter susah
hidup terutama di pagi hari. Oleh karena terdapat udara pada saluran bahan
bakar yang bercampur dengan solar menyebabkan tekanan pada nozel jadi tidak
optimal , hal ini yang menyebabkan mesin menjadi loyo.
Terdapat beberapa penyebab terjadinya masuk
angin. Yang paling sering terdengar adalah
pernah terjadi kehabisan bahan
bakar atau solar. Hal ini yang paling populer dalam kasus masuk angin. Tangki
bahan bakar yang kosong menyebabkan udara ikut terhisap ke dalam injektor
nozel, akibatnya tekanan pada solar di saluran bahan bakar menuju ruang bakar
pun turun. Perlu disadari bahwa mesin diesel memerlukan tekanan yang tinggi
untuk beroperasi.
Penyebab kedua adalah selang bahan
bakar yang terkoyak atau berlobang. Dari lubang tersebut udara luar menginvasi
saluran bahan bakar, sehingga tekanannya jadi mengempos. Kondisi ini bisa
terjadi lantaran faktor usia dari selang- selang saluran bahan bakar tersebut,
kurang kencang dalam pemasangannya atau sebab yang lainnya.
Penyebab ke tiga adalah oenggantian part sistem bahan bakar seperti saringan solar, injektor nozzel atau pun selang selang bahan bakar seringkali memicu terjadinya masuk angin. Pada saat komponen tersebut di buka maka udara leluasa masuk ke dalam sistim saluran bahan bakar.
Penyebab keempat adalah terjadinya saat membuamg air pada water sedimemeter, Saat air dalam tampungan di buang, maka seketika udara masuk ke dalam saluran bahan bakar. Mesin hasil inventasi Rudolf Diesel pun masuk angin.
Agar supaya terhindar dari bencana masuk
angin, maka sebaiknya jangan biarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong
samasekali. Sisakan volume bahan bakar dalam tangki setidaknya seperempat dari
kondisi penuh. Lakukan pemeriksaan rutin pada bagian selang bahan bakar dan
segera ganti apabila nampak gets ataupun sudah bocor. Ketiga dan keempat
lakukan pembuangan angin palsu dan pastikan bahwa aliran solar sudah
betulk-betul penuh.
Catatan
untuk mesin disel moderen yang telah menggunakan teknologi commonrail tidak
terpengaruh kejadian luar biasa karena masuk angin, lantaran teknologi ini
sudah sepenuhnya membebankan distribusi solar dari tangki ke arah mesin dengan
menggunakan pompa solar elektrik. Tekanan besar pada pompa elektrik membuat
gejala masuk angin hilang. Begitu tangki kosong tersebut diisi kembali dengan
solar, maka solar langsung dialirkan dengan tekanan dan volume normal ke arah
mesin,
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar