Roda kemudi , bagi kebanyakan orang apalagi cewk pasti lebih suka yang presisi, artinya ketika di kendalikan tidak lari kesana kemari , salah salah nabrak separator ketika lari dengan kecepatan tinggi di jalan tol.
Sering kali kita jengkel saat menghadapi
stir speleng, alias adanya areal kosong dalam gerak lingkar kemudi. Terkadang
kenyamannan pun tersita dengan gerak kemudi yang terasa semakin berat, terlebih
bagi yang setia tanpa power sreering.
Dulu
seperti di beberapa negara seperti US America , setir speleng sebagian menjadi
identitas. Konon itu salah satu faktor safty lantaran jalanan di negara
tersebut mayoritas lebar, lapang , bahkan ada daerah yang jalan lurusnya bisa
dikendarai hingga berjam jam lamanya.
Tentu kebiasaan di America itu belum tentu
cocok dan diterima di semua belahan bumi.
Seperti di Indonesia misalnya,
yang tipikal pengemudinya suka dengan putaran setir yang presisi.
Sebenarnya speleng dan ringan beratnya stir
ini bisa kita tentukan sesuai selera. Tentu ini tergantung dengan jenis sistim
kemudinya. Kali ini, kita mencoba membahas cara penyetelan setir model girboks
atau worm steer.
Hampir semua kendaraan 4x4 tipe lama
menggunakan jenis gir box tipe ini. Jimny, Land rover, Land
Cruiser dan lainnya menggunakan worm
steer. Demi memudahkan perawatan, biasanya pabrikan juga mendisain mekanisme
penyetelan rumah stir. Biasanya terdapat dua stelan. Yang pertama untuk
menyetel berat ringan kemudi dan kedua untuk menyetel speleng stir. Tetapi
tidak semua speleng bisa dipeperbaiki. Kondisi Bearing dan Komponen Worm Steer
sangat berpengaruh. Jika terdapat keausan pada bearing dan piranti lainnya.
Maka kemungkinan besar penyetelan gagal dilakukan.
Bagaimana penyetelannya ? Mari kita lihat
sama-sama. Kali ini kita menggunakan Jimny sebagai contoh, semua kendaraan
dengan sistim kemudi worm steer rata-rata memiliki proses penyetelan yang sama.
PENYETELAN
BERAT DAN RINGAN SETIR
Biasanya pada bagian atas dari rumah stir
terdapat sebuah baut. Baut inilah yang
di gunakan untuk menyetel berat ringannya putaran lingkar kemudi. Semakin
kencang baut tersebut di eratkan (searah jarum jam) , maka semakin berat
lingkar kemudi digerakkan. Pada posisi dieratkan, maka gigi sektor semakin
tertekan, sehingga lingkar kemudi terasa lebih berat. Jika ingin lebih ringan
dilakukan putaran sebaliknya.
PENYETELAN
SPELENG SETIR
Merenggakan ikatan baut worm steer bagian
dalam. Bagian inilah yang membagi
speleng pada stir. Semakin sieratkan searah jarum jam, spelengnya atau
kerenggangannya semakin kecil. Apabila sudah mendpatkan speleng yang
diinginkan, kencangkan kembali baut worm steer bagian luar tanpa mengotak atik
baut Wormsteer bagian dalam.
THANKS FOR WATCHING
😃ok ok
BalasHapusBagaimana klow putaran stirx lbh banyak ke kanan dr pd kekiri...? Apa yg hrs d lakukan?
BalasHapusStelan nya mentok tapi msih bnyak speleng...ti road semua msih ok
BalasHapusMbl sy jg putaran setirnya terlalu bnyk padahal roda dpn cuman belok sedikit, maaf brp kira2 biaya untuk perbaiki setir mobil. Trm ksh.
BalasHapusMohon pencerahan mobil saya panther 95 sepelengnya apa bisa di stel,, jarak ruang kosong yg lumayan banyak setir udah dibelok kan roda ban blm bergerak,, terima kasih
BalasHapusgluyar gluyur oleng sulit dikemdalikan
BalasHapus