Translate

Minggu, 13 November 2016

DETEKSI KERUSAKAN PADA MESIN BENSIN 4-TAK MELALUI ASAP KENALPOT


Mobil atau motor kita berasap sangat mengesalkan, padahal jenis mesinnya bensin 4 tak yang seharusnya tidak mengeluarkan asap ketika dijalankan.


       Sekarang ini hampir sebagian besar mesin bensin baik itu pada Mobil atau Sepeda Motor adalah berjenis 4- Tak alasannya karena mesin ini mempunyai emisi yang lebih baik dibanding mesin bensin jenis 2-Tak..


        Mesin ini pelumasan pistonnya tidak lagi menggunakan oli yang dicampur ke bahan bakar seperti halnya mesin 2-Tak. Dalam kondisi normal mesin 4-Tak tidak akan mengeluarkan asap dari lubang knalpotnya. Tetapi kalau sampai keluar asap berarti ada yang tidak beres pada mesinnya.  Apa saja yang bisa terdeteksi, simak hal berikut ini.



1.      ASAP PUTIH KELUAR TERUS , Keluar asap yang ngebul sepanjang mesin menyala. Hal ini berarti gab ring pistonnya sudah oblak melebihi toleransi, dapat juga piston atau permukaan blok silindernya yang baret, sehingga oli mesin dari area kruk as menyelusup ke dalam ruang bakar. Bisa juga karena kualitas oli yang jelek atau malahan tidak pernah diganti. Biasanya juga terdapat bercak oli di ujung knalpot.


2.      ASAP PUTIH DI PAGI HARI,  Jika asap putih keluar jarang-jarang , hanya terlihat pertama ketika motor dinyalakan, maka yang harus diwaspadai adalah sil klepnya. Biasanya pagi hari sudah pasti sil klep mengkerut atau rusak karena panas mesin dalam jangka waktu lama . Sil tidak dapat lagi menahan oli sehingga masuk ke ruang bakar.


3.      ASAP HITAM,  Berikutnya asap hitam yang keluar ketika motor dalam keadaan mesin menyala idle. Keluar asap hitam yang pedas di mata  dan hidung, berarti seting karburator terlalu boros. Perbandingan bensin dan udaranya tidak pas.



4.      ASAP PUTIH KETIKA TURUN GAS ATAU DESELERASI,  Jika asap putih yang keluar ketika menutup gas untuk mengurangi kecepatan atau deselerasi, yang jadi tertuduh adalah bos klep oblak atau kendor. Tapi hal ini jarang pada mesin standard kecuali mesin yang sudah di modifikasi klepnya untuk kompetisi.



                                           THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar