Translate

Kamis, 03 November 2016

CARA MUDAH SETEL RODA KEMUDI PADA MOBIL


Roda kemudi , bagi kebanyakan orang apalagi cewk pasti lebih suka yang presisi, artinya ketika di kendalikan tidak lari kesana kemari , salah salah nabrak separator ketika lari dengan kecepatan tinggi di jalan tol.


    Sering kali kita jengkel saat menghadapi stir speleng, alias adanya areal kosong dalam gerak lingkar kemudi. Terkadang kenyamannan pun tersita dengan gerak kemudi yang terasa semakin berat, terlebih bagi yang setia tanpa power sreering.
    Dulu seperti di beberapa negara seperti US America , setir speleng sebagian menjadi identitas. Konon itu salah satu faktor safty lantaran jalanan di negara tersebut mayoritas lebar, lapang , bahkan ada daerah yang jalan lurusnya bisa dikendarai hingga berjam jam lamanya. 


    Tentu kebiasaan di America itu belum tentu cocok dan diterima di semua belahan bumi.   Seperti  di Indonesia misalnya, yang tipikal pengemudinya suka dengan putaran setir yang presisi.
    Sebenarnya speleng dan ringan beratnya stir ini bisa kita tentukan sesuai selera. Tentu ini tergantung dengan jenis sistim kemudinya. Kali ini, kita mencoba membahas cara penyetelan setir model girboks atau worm steer.


    Hampir semua kendaraan 4x4 tipe lama menggunakan  jenis gir  box tipe ini. Jimny, Land rover, Land Cruiser  dan lainnya menggunakan worm steer. Demi memudahkan perawatan, biasanya pabrikan juga mendisain mekanisme penyetelan rumah stir. Biasanya terdapat dua stelan. Yang pertama untuk menyetel berat ringan kemudi dan kedua untuk menyetel speleng stir. Tetapi tidak semua speleng bisa dipeperbaiki. Kondisi Bearing dan Komponen Worm Steer sangat berpengaruh. Jika terdapat keausan pada bearing dan piranti lainnya. Maka kemungkinan besar penyetelan gagal dilakukan.
    Bagaimana penyetelannya ? Mari kita lihat sama-sama. Kali ini kita menggunakan Jimny sebagai contoh, semua kendaraan dengan sistim kemudi worm steer rata-rata memiliki proses penyetelan yang sama.




PENYETELAN BERAT DAN RINGAN SETIR
   Biasanya pada bagian atas dari rumah stir terdapat sebuah baut. Baut inilah  yang di gunakan untuk menyetel berat ringannya putaran lingkar kemudi. Semakin kencang baut tersebut di eratkan (searah jarum jam) , maka semakin berat lingkar kemudi digerakkan. Pada posisi dieratkan, maka gigi sektor semakin tertekan, sehingga lingkar kemudi terasa lebih berat. Jika ingin lebih ringan dilakukan putaran sebaliknya.



PENYETELAN SPELENG SETIR
    Merenggakan ikatan baut worm steer bagian dalam. Bagian inilah  yang membagi speleng pada stir. Semakin sieratkan searah jarum jam, spelengnya atau kerenggangannya semakin kecil. Apabila sudah mendpatkan speleng yang diinginkan, kencangkan kembali baut worm steer bagian luar tanpa mengotak atik baut Wormsteer bagian dalam.



THANKS FOR WATCHING




6 komentar:

  1. Bagaimana klow putaran stirx lbh banyak ke kanan dr pd kekiri...? Apa yg hrs d lakukan?

    BalasHapus
  2. Stelan nya mentok tapi msih bnyak speleng...ti road semua msih ok

    BalasHapus
  3. Mbl sy jg putaran setirnya terlalu bnyk padahal roda dpn cuman belok sedikit, maaf brp kira2 biaya untuk perbaiki setir mobil. Trm ksh.

    BalasHapus
  4. Mohon pencerahan mobil saya panther 95 sepelengnya apa bisa di stel,, jarak ruang kosong yg lumayan banyak setir udah dibelok kan roda ban blm bergerak,, terima kasih

    BalasHapus
  5. gluyar gluyur oleng sulit dikemdalikan

    BalasHapus