Translate

Minggu, 25 September 2016

CARA MELINTASI GENANGAN AIR PADA SAAT BANJIR

                


    Saat ini intersitas curah hujan yang tinggi saat ini menyebabkan banyak jalan tergenang air atau banjir. Hal ini yang harus diperhatikan oleh pengguna mobil. Utamanya menyangkut komponen elektrikal dan mesin yang rentan sekali  bila terendam air. Karena mobil tidak didisain untuk terendam air  maka sebaiknya jangan menerabas jalan yang tergenang air.
    Namun jika terpaksa untuk melintasinya maka sebaiknya perhatikan ketinggian banjir tersebut. Bila ketinggian air hanya setengah ban , bisa dibilang masih aman dilalui. Tapi jika ketinggian lebih dari setengah ban , disarankan tidak memaksakan melintasi jalan tersebut.
   Saat menerjang banjir pun perlu perhatian khusus. Masih banyak orang yang berangggapan ketika melintasi harus menggunakan RPM ( putaran Mesin ) yang tinggi . itu salah besar, karena menggunakan RPM tinggi saat melintasi banjir  beresiko air masuk kedalam filter udara dan mesin yang dapat mengakibatkan kerusakan pada ruang bakar karena adanya water hammer.


    Sarannya adalah menggunakan  putaran mesin pada kisaran 1000-2000 RPM yang penting konstan dan usahakan jangan sampai mesin mati. Kenapa begitu? Karena tekanan air saat melintasi banjir tidak kuat untuk menghambat laju gas buang. Exhaus gas  pressure itu lebih tinggi dari tekanan 1 atmosphere, tekanan 1 Atmosphere sama dengan 760 mmHg, jadi air banjir yang menggenang tidak akan masuk melalui gas buang atau kenalpot. 



     Saaat melintasi banjir justru hal pentingdiperhatikan adalah beban listrik yang harus dikurangi agar meminimalisir resiko konsleting . Lalu membuka kaca jendela jaga jaga kalau mendadak mesin tiba-tiba  mati  dan jangan mengunci locking pintu.
     SeTelah berhasil melewati banjir sebaiknya lakukan pengecekan rem, karena biasanya setelah terendam air, rem tidak berfungsi dengan normal. Lakukan juga pengecekan filterudara, jika basah segera lakukan penggantian. Ingat Bro... mobil bukan perahu.


THANKS FOR WATCHING





Tidak ada komentar:

Posting Komentar