Peugeot mencatat babak baru dalam sejarah
otomotif ketika memperkenalkan Peugeot 3008 Hybrid4. Sumber tenaganya kombinasi dari mesin diesel HDI 2000 cc dan
motor listrik. Inilah kendaraan mesin diesel hybrid pertama di dunia. Peugeot telah berencana membuat mobil hybdrid
dengan keunikan tersendiri pada teknologi ramah lingkungan, maka diperkenalkan lah oleh Peugeot 3008 HYbrid4.
PENGALAMAN DI LISTRIK
Diklaim sebagai
kendaraan diesel hybrid pertama di dunia, lantaran tidak seperti kendaraan
hybrid yang ada saat ini, pada pakai
mesin bensin. Teknologi diesel hybrid yang diterapkan pada Peugeot 3008 ini
memberi berbagai keunggulan.
Selain diyakini
dapat mengurangi pemakaian konsumsi bahan bakar, juga memiliki kombinasi
performa tinggi dengan pengendalian yang
bagua. Bebas memilih 4 mode pengoperasian berbeda yaitu ZEV (Zero Emision Vehicle), Four-wheel Device,
Auto dan Sport. Serta tidak berisik ketika mode listrik dioperasikan.
Keunggulan pada
performa didapat dari paduan mesin diesel dan motor listrik, saat akselerasi
dan ketika tenaga dibutuhkan fungsi boost. Tenaga maksimum yang dihasilkan dari
kombinasi keduanya 200 dk, 163 dk dari dpur pacu diesel Hdi FAP 2.000 cc dan 37
dk dari mesin listrik. Torsi maksimumnya
500 Nm, yang disumbangkan diesel 300 Nm dan 200 Nm oleh motor listrik.
Motor listrik yang
dipakai secara konstan mengeluarkan tenaga 27 dk, dengan output tertinggi 37
dk. Sedangkan torsinya, pada di 100 Nm
atau bisa lebih sampai 200 Nm kalau diinginkan . Crossover 5 penumpang ini
dilengkapi girboks 6-speed manual yang dikontrol secara elektronok. Sistim Stop
& Start generasi terakhir, bervoltase tinggi dengan output maksimal 8 kw.
Kekuatan segitu dapat membangkitkan energi untuk mensuplai tenaga mesin listrik
di belakang jika diperlukan (mode all-wheel drive).
Teknologi Hybrid4
membawa Peugeot pada teknologi dan pengalaman terbaik. Buat konsumen,
selainmemiliki pengalaman terbaik. Buat konsumen, selain memiliki pengalaman
dan teknologi ramah lingkungan dengan emisi CO2 99 g/km, serta mendapat
kenikmatan mengemudi yang sejati.
Pada eksterior ada
perbedaan dibanding 3008 saat ini, gril dihias garis tegas melintang dengan
aksen krom, bagian bawah lampu utama diberi sederet lampu LED. Pada batang
kemudi tertanam tulisan “Hybrid4” pada plat krom. Diatas dasboard ada monitor
tambahan. Jika Peugeot bermain di segmen mobil hybrid, komponen kelistrikannya
tak diragukan lagi.
Peugeot telah
memiliki keahlian di bidang kelistrikan kendaraan. Terbukti Peugeot 106
elektrik telah dipasarkan tahun 1995-2003, jadi mobil zero emision penjualan
terbaik didunia dengan total hampir dibuat sejumlah 10.000 unit. Maka tidak diragukan lagi dengan kemunculan
Peugeot 3008 Hybrid4 ini.
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar