Translate

Rabu, 18 Januari 2017

MOBIL PERANG ANDALANNYA SWEDIA, VOLVO LAPLANDER


   Selain Toyota ada satu mobil lagi yang gardannya sering di copot untuk keperluan off-road ekstrem, yakni Volvo C303. Meski 10 tahun terakhir sangat jarang lagi ditemui, namun pemakaian gardan Volvo ini sempat booming dari trend negara tetangga.
   Gardan ini menggunakan format portal, sehingga menambah ground clearance segara significant namun mempertahankan tinggi kendaraan. Juga memiliki reduksi tambahan yang memungkinkan penggunaan ban ekstra besar. Selain itu tentu saja tampilan 4x4 jadi semakin beringas dan sangar dimedan off-road.
   Sumber dari gardan tersebut adalah Volvo C303. Kendaraan berbasis militer ini unik, atau keperluan khusus saja. Jadi keberaadaannya tergantung pesanan negara yang berangkutan. Malaysia adalah salah satu contoh satu negara pemesan C303 ini, jadi jangan heran bila gardan portal itu dipopulerkan lebih dahulu oleh off-roader dari Malaysia juga.
   Hal yang membuat menarik C303 bukan hanya gardannya melainkan bentuk body nya yang forward control, atau mirip minibus konfigurasi forward contol memungkinkan kita membawa barang lebih banyak, serta lebih memudahkan pengendalian ketika menghadapi trek yang ekstrim. Posisi pengemudi yang didepan tanpa kap mesin yang menghalangi pandangan ke bawah akan memudahkan ketika membawa kendaraan ini di medan yang sulit.
   C303 sendiri memiliki beberapa varian, dari yang 4x4 hingga 6x6. Di produksi pertama kali pada 1974, C303 dilengkapi dengan mesin B30, 6 silinder 3.000 cc bertenaga 117 dk. Posturnya pun tidak terlalu lebar, karena didesain untuk melintas di area hutan padat pepohonan. Gardan portalnya pun sudah dilengkapi locker, sehingga kemampuan off-roadnya cukup tangguh. Ketanggauhannya pun cukup terkenal, pada 1983, sebuah C303 menang di kels truk 10 ton, pada reli Paris Dakar yang legendaris.
   Tercatat 8.718 buah C303 yang diproduksi Volvo, namun tidak semuanya di gunakan oleh militer. Sebanyak 25% dipesan oleh instansi khusus termasuk rescue dan perusahaan yang beroperasi di daerah terpencil. Malaysia memang termasuk salah satu negara penggunanya, yang memesan C303 untuk tentara dan Polisinya serta perusahaan telekomunikasi.
   Sejarah C303 sudah dikembangkan sejak era 1950 an, sebelum diproduksi pada tahun 1974. Awalnya, Volvo menerima pesanan dari militer Swedia untuk membuat kendaraan serbaguna. Volvo pun membuat 90 kendaraan berkode L2304, yang disuplai ke pemerintah Swedia pada tahun 1959-1961, mesinnya menggunakan B16 berkapasitas 1.600 cc


    Kemudian Volvo menyempurnakan lagi disainnya dengan L3314 yang menggunakan mesin 1800 cc. Karena beragam penggunaan, seri L 33 ini pun muncul dengan berbagai format bodi dari hardtop, softtop, halfcab yang semuanya merupakan forward control, Akhirnya pada tahun 1974, Volvo mengembangkan L3314 menjadi C303 itu.
    Namun begitu, C303 bukanlah varian forward control terkhir. Pada tahun 1977, Volvo mengeluarkan C202 yang juga dikembangkan dari L3314 sebelumnya. Bedanya, mesin menggunakan B20 dengan spesifikasi kaki-kaki yang lebih rendah. C202 inilah yang banyak ditawarkan pada publik biasa atau sipil (non militer). Harganya pun lebih murah dibanding C303. Varian ini sering disebut Laplander.


GALERIA LAPLANDER













THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar