Translate

Rabu, 02 November 2016

TARIKAN MOBIL DIESEL ANDA TERSNDAT? PASTI TERKENA MASUK ANGIN


    Tidak hanya pada manusia saja yang dapat didera masuk angin. Namun masuk angin pun ternyata populer juga dikalangan pengguna mesin diesel. Mesin diesel yang masuk angin akan mengalami kesulitan saat dihidupkan dan apesnya, saat dihidupkan mesin terasa loyo tidak bertenaga. Masuk angin pada mesin diesel ini pun  sering juga disebut sebagai “ Angin Palsu”.
   Pada prinsipnya, terjadinya masuk angin ini disebabkan oleh hilangnya kevakuman pada jalur bahan bakar dari tangki menuju pompa injektor.  Penyebab utama dari ketiadaan kevakuman ini tidak lain adalah udara, sifat udara selalu mengisi tempat yang kosong, artinya apabila terdapat celah pada saluran bahan bakar yang memungkinkan anin masuk ke dalamnya, maka pada saat itulah terjadi suatu kondisi yang disebut masuk angin.
   Kondisi kevacuman ini dapat dicontohkan pada sedotan yang kita tutup lobang di satu ujungnya. Selama kita tutup rapat lubang itu, maka cairan yang ada pada sedotan tersebut tidak jatuh tumpah ke bawah. Kurang lebih seperti itulah yang terjadi pada saluran bahan bakar apabila ada angin palsu. Solar kembali ke dalam tangki sehingga pada saat di starter susah hidup terutama di pagi hari. Oleh karena terdapat udara pada saluran bahan bakar yang bercampur dengan solar menyebabkan tekanan pada nozel jadi tidak optimal , hal ini yang menyebabkan mesin menjadi loyo.
   Terdapat beberapa penyebab terjadinya masuk angin. Yang paling sering terdengar adalah  pernah terjadi kehabisan  bahan bakar atau solar. Hal ini yang paling populer dalam kasus masuk angin. Tangki bahan bakar yang kosong menyebabkan udara ikut terhisap ke dalam injektor nozel, akibatnya tekanan pada solar di saluran bahan bakar menuju ruang bakar pun turun. Perlu disadari bahwa mesin diesel memerlukan tekanan yang tinggi untuk beroperasi.


    Penyebab kedua adalah selang bahan bakar yang terkoyak atau berlobang. Dari lubang tersebut udara luar menginvasi saluran bahan bakar, sehingga tekanannya jadi mengempos. Kondisi ini bisa terjadi lantaran faktor usia dari selang- selang saluran bahan bakar tersebut, kurang kencang dalam pemasangannya atau sebab yang lainnya.

       
  Penyebab ke tiga adalah oenggantian part sistem bahan bakar seperti saringan solar, injektor nozzel atau pun selang selang bahan bakar seringkali memicu terjadinya masuk angin. Pada saat komponen tersebut di buka maka udara leluasa masuk ke dalam sistim saluran bahan bakar.
     
   Penyebab keempat adalah terjadinya saat membuamg air pada water sedimemeter, Saat air dalam tampungan di buang, maka seketika udara masuk ke dalam saluran bahan bakar. Mesin hasil inventasi Rudolf Diesel pun masuk angin.


      
Agar supaya terhindar dari bencana masuk angin, maka sebaiknya jangan biarkan tangki bahan bakar dalam keadaan kosong samasekali. Sisakan volume bahan bakar dalam tangki setidaknya seperempat dari kondisi penuh. Lakukan pemeriksaan rutin pada bagian selang bahan bakar dan segera ganti apabila nampak gets ataupun sudah bocor. Ketiga dan keempat lakukan pembuangan angin palsu dan pastikan bahwa aliran solar sudah betulk-betul penuh.


Catatan untuk mesin disel moderen yang telah menggunakan teknologi commonrail tidak terpengaruh kejadian luar biasa karena masuk angin, lantaran teknologi ini sudah sepenuhnya membebankan distribusi solar dari tangki ke arah mesin dengan menggunakan pompa solar elektrik. Tekanan besar pada pompa elektrik membuat gejala masuk angin hilang. Begitu tangki kosong tersebut diisi kembali dengan solar, maka solar langsung dialirkan dengan tekanan dan volume normal ke arah mesin,


                           THANKS FOR WATCHING
  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar