Translate

Selasa, 22 November 2016

MEMBUAT MALING MOBIL BERPIKIR ULANG, UP GRADE PENGAMAN MOBIL


     Populasinya yang banyak dan dibutuhkan oleh konsumen, membuat beberapa kendaraan jadi favorit incaran maling. Diantaranya seperti Toyota Avanza, Kijang Innova dan Daihatsu Xenia.
   Lokasi pencurian pun beragam dari perumahan, pinggir jalan sampai pusat keramaian. Tetapi dari data temuan Subdiy VI Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya, kasus pencurian terbanyak datang dari perumahan. Ekstra hati-hati harus dilakukan oleh pemilik kendaraan-kendaraan tersebut.      Beberapa hal ini yang mungkin jadi langkah maling untuk beraksi melumpuhkan alarm dan bagaimana cara untuk membuat mereka susah beraksi.

TOYOTA AVANZA/ DAIHATSU XENIA
     Dari informasi kelemahan Daihatsu xenia dan Avanza versi lama terletak pada horn atau klaksonnya, jadi si pencuri akan melumpuhkan horn yang mudah dijangkau dari kolong kanan bawah , dengan cara maling menempelkan magnet dan membungkam bunyi horn tersebut.
     Buka kunci pintu dan pecah kaca mobil jadi langkah berikutnya setelah sistim alarm dilumpuhkan dan kemudin cabut fuse yang ada di dalam kabin. Si maling sudah pasti hapal betul dengan letak horn dan juga letak konsol 2 buah fuse yang bisa melumpuhkan sistim alarm.
   Namun cara mudah ini, tidak berlaku untuk Xenia-Avanza keluaran 2015 ke atas. Untuk pemilik yang tahun pembuatannya dibawah dan sampai 2012 , harus ekstra hati-hati terhadap kasus pencurian ini.


     Dengan sudah adanya air bag (2015 ke atas) , maka konsol sekering berubah tempat dan makin sulit dijangkau maling. Bahkan untuk yang sudah pengalaman saja membutuhkan waktu untuk menentukan dan memilih sekring mana yang harus dicabut.
     Solusi murah meriah yang bisa dilakukan bagi Xenia-Avanza tipe lawas adalah dengan memindahkan posisi klakson. Dari letaknya yang ada di atas roda yang mudah dijangkau maling, ke bagian tengah, tepatnya menempel pada kabel ground.
    Apabila klaksonnya besar dan enggak bisa dipindah ke sisi tersebut, maka cara lainnya adalah mengganti part tersebut. Dengan perangkat klakson yang mirip dengan bawaan motor dan posisi membrannya dibalik kearah dalam.

HONDA
Mobil Honda keluaran terkini sudah mengadopsi immobilizer, tentu saja lebih aman dari tangan  maling.  Teknologi immobilizer bukannya tidak bisa di baypass. Alat untuk mem baypass sudah banyak dijual dipasar gelap. Biasanya diimport langsung , kalo di pasaran lokal dijamin tidak ada.
Untuk menambah tingkat keamanan kendaraan tidak salahnya memasang juga sistim alarm, sebaiknya pilih yang memiliki fitur anti scaning. Tetapi kalau malingnya canggih ya tetap dapat di-scan dengan alat seperti code grabber.


Nah alarm-alarm canggih seperti ini dihargai cukup mahal bisa diatas 2 juta. Mereknya seperti Cliford dan Viper. Pilih yang memiliki fitur start and stop dengan radius 1,6 Km. Jadi bisa mematikan kendaraan yang masih tercover dalam area dengan radius 1,6 km. Alarm canggih ini juga sekarang bisa tekoneksi dengan smartphone.

 SUZUKI
      Tipe–tipe Suzuki yang jadi incaran maling asalah APV dan Ertiga. Tips untuk menghindari pencuri dengan menggunakan GPS tracker yang dapat mengidentifikasi dimana letak kendaraan berada. Juga dapat mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh. Sudah ada merek–merek GPS tracker beredar di Indonesia. Contohnya  Autotrack, Globaltrack, GeoTrack dan lainnya, harganya berkisar 2 jutaan.  


      Ada lagi cara unik sebetulnya supaya kendaraan aman dari maling. Tapi hanya kendaraan yang belum dilengkapi  dengan Air Bag. Caranya dengan mengaplikasikan quick release steering, tapi jika ingin memakai sistim ini  harus memakai stir racing. Efektifnya ketika parkir di garasi rumah, tinggal cabut stirnya, Tetapi kalau parkir di mal atau tempat lain tidak efektif, masak mau bawa-bawa stir. Harganya mulai Rp 1 jutaa, mereknya beragam ada Sparco, NRG dan lain-lainnya.

TOYOTA KIJANG INOVA
      Dari rentetan kejadian pencurian Toyota Kijang Innova milik Syech AL Jaber, besar kemungkinan pencuri memutuskan aliran listrik. Dari ngolong disebelah kiri, ada ruang yang membuat pencuri bisa merogoh kabel positif aki dan kemudian memutusnyanya.
     Secara nalar hal tersebut tentu kecil kemungkinannya untuk terjadi. Melihat kabel tersebut ukuran serabutnya besar butuh alat pemotong khusus. Tetapi kemungkinan kecil itu yang kenyataannya sudah terjadi. Mengingat pencurinya memecahkan kaca segi tiga di pilar A dan membuka pintu tanpa tanda-tanda dari aktifnya Alarm juga ditandai lampu hazard menyala.
     Saat bisa masuk ke dalam kabin, pencuri yang sudah hafal letak modul alarm mulai beraksi dengan mematikannya , si pencuri hapal betul letak modul tersebut , kalau enggak paham pasti kesulitan untuk menemukannya.
     Sistim alarm sudah dimatikan, berikutnya pencuri menyambungkan kembali kelistrikan dari aki yang sebelumnya diputus.... kabur deeh...


     Hampir tidak mungkin untuk memindahkan posisi kabel aki yang bisa diraih dengan tangan oleh pencuri. Tapi bukan berarti kepiawaian si pencuri bisa dipatahkan. Dengan memasang part tambahan yang fungsinya memutuskan arus dari kunci kontak yang sifatnya mekanikal, bisa bikin maling butuh waktu lebih lama untuk bawa kabur kijang innova. Bisa juga pasang pengaman tambahan  berupa model sentuh. Ini pakai modul sendiri dan enggak ada hubungannya dengan alarm .

UMUM, BISA DILAKUKAN UNTUK SEMUA MOBIL

   Ada berbagai macam cara untuk mengecoh atau memperlambat proses pencurian. Salah satunya menggunakan engine  cut off yang banyak dipakai pada mobil balap. Merek nya pun banyak tersedia di pasaran seperti Sparco dan Hella yang ramai digunakan  harganya mulai Rp 200 ribu. Nah pemasangannya pun harus disembunyikan untuk mengecoh maling. Biasanya semacam saklar tambahan, misal harus menekan pedal rem  atau pedal kopling ketika harus menyalakannya. Ada juga yang mengaplikasikan sistim grounding , seperti menempelkan ibu jari pada baut tertentu, tentunya harus dirahasiakan. Semakin banyak pengaman dipasangkan tentu saja resiko kehilangan semakin kecil tapi bukan 100% tidak dapat dicuri... lho. Supaya hati tentram ikut Asuransi  juga ya.


THANKS FOR WATCHING

                                              


1 komentar:

  1. Link Alternatif Login Sv388 Sabung Ayam terupdate, yang memberikan panduan cara login melakukan login ke dalam game sv388
    https://www.bolavita88.com/link-alternatif-login-sv388
    sebelumnya mendaftar dan mendapatkan user id permainan dari Bolavita
    http://159.89.197.59/register
    WA : 0812-2222-995
    Line: cs_bolavita

    BalasHapus