Translate

Selasa, 01 November 2016

CARA MENDETEKSI KERUSAKAN PADA CHASIS DAN KAKI-KAKI SEPEDA MOTOR


       Mirip manusia, kerangka utama adalah tulang punggung, yang menjadi penyangga berbagai organ tubuh lainnya. Begitupun chasis pada motor, semua tertumpu pada batang tengah ini. Jika kondisinya tidak bagus, mempengaruhi bagian bagian lainnya.
      
      Lihat saja bagian yang melekat pada chasis ini. Mulai dari   mesin, komponen kelistrikan, hingga kaki-kaki pun bertumpu pada chasis ini.  Tentunya rangka ini perlu kuat sekaligus lentur. Nah kalau terjadi kerusakan seperti pada tulang punggung terkena osteoporusis (keropos tulang) bakal berakibat pada komponen yang lain dan ketahanan kendaraan anda.
       Nah untuk melihatnya tentu perlu diperiksa. Paling mudah mendeteksinya, ketika sedang dikendarai . Jika posisi duduk sudah tidak nyaman , atau terasa posisi stang dan jok tidak seperti biasanya kemungkinan ada yang tidak beres.
       Tapi masalah ini belum tentu berhubungan langsung dengan Chasis utama, namun pada kaki kakinya. Sebab, bagaimana pun kaki-kaki terhubung langsung dengan sasis, saat dikendarai bisa terasa lari kekiri maupun ke kanan.


      Misal ketika tunggangan terasa mengayun saat berbelok, ada kemungkinan shockbraker sudah lemah, atau pun bagian lain seperti as lengan ayun belakang. Pada as ini, umumnya terjadi keausan pada pengikat as alias mur as. Karena bergesekan terus menerus. Sebaiknya bagian ini diperiksa, setelah diganti baru, lumasi dulu sebelum memasang nya.
     Hal lain untuk memeriksa sasis  dalam kondisi baik, bisa melihat tapak roda ketika berjalan. Bisa setelah melewati jalan basah lalu jalankan ke bagian yang kering.  Semestinya tapak roda depan dan belalakang sejajar, jika tidak kemungkinan ada yang tak beres dengan keselarasan kedua roda ini.
    Sebenarnya sasis buatan pabrikan sngat kuat dan lentur kalau sekedar menghajar lubang belum akan terasa masalahnya. Memang derita awal tentunya di bagian suspensi yang menerima beban ini ketika terjadi benturan macam masuk ke dalam lubang jalanan.
  Tapi kalau lebih parah  lagi , misalnya telah terjadi tabrakan, bisa jadi pembenahan sasisnya tidak sempurna, sehingga keselarasan roda juga terganggu. Utamanya pada suspensinya misal pada shockbraker dan perangkat lainnya.  Misal Shockbraker depan yang bengkok bisa membuat keselarasan roda menjadi tidak baik.


   Ada lagi pada skutik yang konstruksinya sedikit berbeda dibanding motor lainnya. Sebab, mesin dan perangkat CVT-nya langsung berfungsi juga menjadi piranti suspensi.
    Pada skutik mounting mesin enggak beres juga bisa berpengaruh pada kestabilan pengendaraan, karena memang fungsinya sudah mirip dengan  lengan ayun.


    Sementara yang berkaitan langsung dengan sasis, adalah memperhatikan beberapa sisi yang kemungkinan terserang kerusakan. Seperti pada bagian yang dekat dengan rumah aki, kemungkinan adanya korosi dari uap air ketika motor dijalankan. Agar kondisinya selalu baik, sebaiknya selang pembuangan hawa dari aki tetap dijaga agar selalu menempel dengan baik. Sebab kalau terserang sasis akan keropos seperti tulang terkena osteoporosis.



                                               THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar