Translate

Jumat, 28 Oktober 2016

TRIK MEMBERSIH KAN RUANG BAKAR (COMBUSTION CHAMBER) PADA MOBIL BENSIN



    Kebersihan ruang bakar alias Combustion Chamber dipengaruhi oleh banyak hal. Termasuk kualitas bbm, kemampun busi yang melemah, bocornya seal dan kondisi ring piston, hingga timing pengapian yang tidak pas, serta kondisi jalan yang serba macet.
   Hal ini menyebabkan timbunan kerak karbon di dalam ruang bakar  semakin mnumpuk. Yang tentu saja akan berampak pada turunnya performa mesin , yang ujung –ujungnya berpengaruh pada konsumsi BBM.
   Cara umum untuk menghilangkan kerak di ruang bakar adalah bengan metode konvensional . Kepala silinder dibongkar , kemudian piston dan ruang bakar dibersihkan secara manual. Tentu cara ini banyak memakan waktu dan biaya, walaupun hasil secara kasat mata langsung terlihat.
    Ada lagi bengkel yang menawarkan jasa carbon cleaner, yang singkat dengan memasukkan cairan penghancur endapan karbon ke dalam ruang bakar, diamkan sesaat kemudian cairan tersebut dikeluarkan kembali menggunakan alat penghisap. Cara ini cukup efektif dengan waktu dan biaya yang harus disediakan. Sebagai gambaran  biaya yang harus disediakn kisaran 500-600 ribu rupiahan


     Tapi buat yang doyan ngoprek di rumah, sebenarnya masih ada cara lain. Yaitu dengan menggunakan produk-produk pembersih khusus seperti DCS, Gzok, Taiho Khzai Nx500 dan sejenisnya, yang di pasaran di hargai Rp 60-150 ribu. Walau secara hasil tidak sebersih carbon cleaner dan metode konvensional, namun jika rutun dilakukan, niscaya kebersihan  ruang bakar tetap terjaga, mencagah lebih baik daripada mengobati khan.
Begini caranya :


1.       Panaskan mesin hingga suhu kerja, kemudian buka saluran filter udara ke arah throttle body.



2.      Semprotkan cairan ke arah throtel body dan semprotkan juga sambil membuka skep throtle, diamkan selama 5 menit, agar kerak dan kotoran didalamnya larut dan melunak.
3.      Hidupkan mesin, mainkan rpm hingga asap  putih di knalpot menghilang.

4.      Copot kabel busi,dan busi  gunakan kunci busi untuk mengambil busi.


5.      Semprotkan cairan busa ke masing-masing  silinder hingga luber.


6.      Diamkan sekitar 15  menit agar reaksi  kimia terhadap kerak berlangsung sempurna.
7.      Siapkan kertas atau kain, tempatkan di depan lubang-lubang busi. Gunakan agar kotoran yang keluar tidak mengotori kompartemen mesin. Putar kunci kontak berkali–kali hingga kotoran tidak lagi keluar lubang-lubang silinder. Jika perlu ulangi langkah ini hingga kotoran tak lagi nampak.
8.      Terbukti , kotoran di dalam ruang bakar berpindah di kertas.
9.      Pasang busi dan kabel busi seperti semula.
10.  Hidupkan mesin. Jangan kaget jika kepulan asap keluar dari knalpot. Biarkan mesin idele diselingi putaran rpm tinggi, hingga asap putih di knalpot berangsur hilang.

                 THANKS FOR WATCHING



Tidak ada komentar:

Posting Komentar