Translate

Senin, 24 Oktober 2016

PERAWATAN RUTIN PADA SEPEDA MOTOR ANDA


Setelah perjalanan  jauh atau pun hanya digunakan sehari-hari , pasti lama kelamaan akan membuat tunggangan kesayangan lama kelamaan akan kotor alias kluwuuuuut.
       Nah , selagi masa libur ada baiknya besutan pun dimanjakan sejenak. Bisa saja dibersihkan atau dirawat sesekali, agar kondisinya kwinclong mengkilat seperti sedia kala lagi dan tentunya enak di pandang.
      Kadang merawat motor atau membersihkannya menjadi pekerjaan yang kurang diminati. Maklum saja beberapa bagin berada dalam tempat tersembunyi dan memrlukan trik tersendiri  untuk membersihkannya.
     Jadi tak heran bengkel cuci motor makin menjamur. Sah-sah saja membawa ke bengkel  tersebut.  Tetapi lebih mendetail bisa dilakukan sendiri. Jadi setelah dibersihkan di bengkel cuci bisa digarap lagi di rumah.
     Utamanya perhatikan bagian yang gampang terserang karat, misal pada baut, jika berkarat akan membuat baut kendur. Nah bagian mana yang bisa terserang karat? Perhatikan di bagian bodi, pengikat bodi umumnya dari baut, segera bersihkan dan lap kering, tak lupa jika kendur segera kencang bautnya.


     Lantas beberapa bagian lain , bisa dengan memperhatikan  baut mika lampu, ini terkadang tidak terdeteksi kelonggarannya. Tiba-tiba baut atau sekerup terlepas dan mika pun copot. Kencangkan sekrupnya. Atau kalau hilang segera ganti baru.
    Masih seputar baut ,   ada hal yang perlu diperhatikan  , misal baut komstir, lalu baut as roda sebaiknya dikencangkan lagi, karena kemungkinan tak seerat sebelumnya ketika dipakai bebrapa lama.



    Jika sempat, mika lampu utama  bisa dibersihkan. Untuk bagian dalamnya, memang masih bisa dicopot dan dibersihkan bagian reflektornya, cukup masukkan air sabun dan dikocok-kocok saja dalamnya.
    Setelah kotoran hilang akan tampak bersih, di lap menggunakan kain yang dihubungkan ke batang plastik agar tidak merusak bagian dalam reflektor . lakukan perlahan agar tidak menggores kaca mika. Hal-hal itu yang masih dapat kita kerjakan sendiri, jika menggunakan pelek jari-jari, tak ada salahnya membawa ke  tempat servis pelek untuk distel ulang. Sehingga putaran pelek pun normal kembali. Alhasil tunggangan kesayangan pun kembali beres. Liburan dinikmati tunggangan pun rapi kembali.



                            THANKS FOR WATCHING


Tidak ada komentar:

Posting Komentar