Translate

Kamis, 22 September 2016

MERAWAT MOBIL DI MUSIM HUJAN

                                     

       Waspadalah curah hujan pada bulan bulan basah. Sebaiknya persiapkan kendraan harian anda agar enggak terjadi apa apa saat dibawa berkendara di musim hujan. Selain harus bersiasat dengan curah air dari langit juga mesti perhatian bagaimana air membasahi aspal. Contohnya bisa mengecek kembangan ban, bila sudah tipis dianjurkan untuk membeli ban baru demi keselmatan. Atau bisa juga dicek karet wiper yang sudah tipis sebaiknya diganti. Untuk mengetahui selengkapnya lanjut baca 5 sisat berikut.

EKSTERIOR
    Sektor ini adalah bagian luar dari kendaraan. Pastinya saat memasuki musim hujan bagian eksterior akan terkena guyuran air hujan. Terutama bagian kaca , bila nggak dirawat bisa menimbulkan jamur. Jamur tersebut akan mengganggu saat hujan.
     Untuk mencegahnya bisa menggunakan rain repllent, bentuknya cairan yang dilumurkan pada permukaan kaca. Hasilnya kaca akan sepreti ada lapisan lilinnya pada saat hujan air tidak akan menempel melainkan mengalir dengan cepat . Manun bila sudah terlanjur jamuran  bisa menyambangi bengkel poles kaca.


    Selain sektor kaca, yang perlu diperhatikan adalah engsel pintu. Pernah mendengar bunyi mengganggu saat  membuka pintu? Mungkin sumbernya dari engsel . Untuk mengatasinya bersihkan engsel lalu semprot cairan penetran dan gerakkan pintu agar cairan tersebut merata.
      Setelah itu bisa diberi gemuk tapi jangan terlalu banyak. Cara lain untuk merawat engsel pintu mobil adalah  keringkan saat setelah mencuci mobil. Karena dapat menyebabkan karatan dan akibatnya keropos.
      Sektor penghapus air disaat hujan (wiper) juga patut untuk diperhatikan. Wiper , bila karet sudah getas/ tipis enggak bisa bekerja maksimal dan dapat menimbulkan baret pada Dutamas Fatmawati. Untuk sektor pendukung wiper juga perlu diperhatikan. Washer kadang mampet itu disebabkan kebersihan selang maupun lubang kurang diperhatikan . Jika sudah mampet , lubang washer bisa dibersihkan menggunakan jarum secara perlahan.


       Saat berkendara pada malam hari, membutuhkan penerangan sinar lampu yang baik. Untuk merawatnya bisa mulai dari mika . “Bila sudah terlihat kusam , bisa dicuci untuk mengatasinya “,tutur  Wawan shifa .



       Biaya yang perlu dikeluarkan sekitar Rp 150.000 sampai Rp 250.000, untuk bohlam gunakan sesuai kebutuhan. “ Untuk bohlam bagian lampu kabut, disarankan menggunakan lampu kuning, karena bisa menembus adanya kabut dikala hujan “ ujar si Wawan juga.

INTERIOR
Persiapan untuk menghadapi musim hujan , bisa mengganti karpet bawaan atau dilapisi dengan karpet yang terbuat dari karet.


Untuk perangkat lain yang ditemukan seperti fitur fitur canggih, salah satunya adalah deffoger.


      Kabut terjadi apabila suhu antara kabin dan bagian luar tidak seimbang. Biasanya datang saat hujan, karena kabin pasti menghidupkan AC. Adanya kabut dikaca belakang akan menggangu pandangan pengemudi . Disinilah fungsi utama dari deffoger. “ Sistim kerjannya adalah pemanas kaca  yang akan menghilangkan embun. “ ujar Awaludin. Pemilik toko Sumber Jaya Cibubur, Jaktim.
      Selain pemanas kaca, pada tuas untuk mengoperasikan wiper biasanya terdapat fitur intermitten wiper yang sangat berguna ketika hujan rintik rintik. Jeda waktu antar usapan wiper bisa diatur sesuai banyaknya tetesan air yang menerpa kaca depan.
      Sama juga dengan rain sensor. Ini merupakan pengembangan dari fitur intermitten wiper. Cara kerjanya berdasarkan dari sensor yang berada pada bagian atas kaca pada umumnya. Sensor ini akan membaca banyaknya air yang jatuh ke kaca kemudian memerintahkan komputer untuk menggerakkan wiper untuk menyapu air.
     Berikutnya yang bisa digunakan saat memasuki musim hujan adalah wiper belakang . Namun jika hujan turun masih gerimis, dianjurkan jangan aktifkan dulu, karena bisa berakibat kaca baret. Khususnya untuk kendaraan jenis hatchback, karena debu dan kerikil halus akan bersarang di karet wiper belakang.


      Pastinya jaman sekarang sudah banyak ditemui mobil yang sudah dilengkapi dengan fog lamp depan. Ada lagi fitur yang tidak semua dimilili pabrikan mobil, yaitu fog lamp belakang. Contohnya di Toyota Corolla Altis 2008/2009, terdapat perbedaan di lampu kanan dan kiri. Ada satu lampu mundur yang berwarna merah.


      Umumnya peletakannya pada salah satu bagian lampu belakang ada juga yang berada di bumper. “ Namun penggunanya dianjurkan hanya pada hujan deras dan berkabut, karena dapat menyilaukan pengemudi lain.” Ujar Dadi Hendriadi, Division Head, Technical Service Division PT Toyota – Astra Motor.
     Semakin berkembanganya zaman , teknologi washer tidak lagi terdapat pada kaca depan dan belakang. Melainkan di lampu utama. Fungsinya untuk membersihkan kotoran atau lumpur yang menempel karena akan membersihkan kotoran dan lumpur yang menempel karena akan menghambat sinar lampu pada malam hari maupun saat berkendara di hujan deras.

KAKI-KAKI.
KARETBOOT AS RODA DAN RACK STEER


      Biasanya bagian  yang paling  cepat  rusak pada bagian kaki kaki saat musim hujan adalahbahan yang terbuat  karet-karet.  Nah . karet sepert boot as roda dan rack steer memang mempunya masa pakai yang sangat lama, namun karet ini adalah merupakan bagian yang sangat penting untuk di cek, “Biasanya karet kaki kaki orisinil punya masa pakai sekitar 5 tahun jika pemakaiannya pun tidak sembarangan “ jelas Nirwansyah, Chief Mechanik Nusantara Motor. Wira panggilan akrapnya menambahkan jika karet rusak seperti pecah , maka air pun akan masuk ke dalam dan dapat menimbulkan karat pada komponen tersebut. Jika sudah rusak atau robek, segera ganti yang baru.
KARET TIE ROD, BAL LJOINT DAN LINK STABILIZER


       Sama seperti diatas komponen karet pada tie rod , ball joint dan link stabilizer juga rentan sekali terhadap kerusakan serti robek, “ Penyebabnya bukan hanya usia terapi penggunaan pelumas seperti gemuk yang terlalu pebanyak juga mem pengaruhi kualitas karet jadi makin melar dan robek” jelas nya.  Keusakan karet ditandai dengan bunyi besi beradu akibat ausnya engsel dan gesekan pada komponen tersebut.
TEKANAN ANGIN DAN TAPAK BAN
     Mudah tapi sangat penting, jika tekanan angin sangat kurang atau terlalu keras pada mobil, maka dapat berimbas pada konsumsi BBM yang boros sehingga daya cengkeram yang tidak optimal “ Umumnya tekanan angin yang direkomendasikan pabrik untuk ban radial 30-32 psi. Untuk tapak ban disarankan menggunakan tipe ban directional yang diklaim memiliki pola atau motif ban paling optional dalam membuang air.

MESIN
CEK KABEL KABEL

     Pada kompartemen mesin, hal ini sangat krusial, pasalnya kabrl-kabel yang sudahmengelupas dapat menyebabkan konsleting jika terkena air. Cek secara detai kabel pada mesin, jika didapati kabel mengelupas segera diganti atau di selotip untuk sementara waktu.
TERMINAL AKI
Bagian ini sering disepelekan namun jika dibiarkan berlarut-larut juga dapat menyebabkan suplai arus listrik tidak lancar. Per tama rempelas halus lalu semprotkan cairan penetran pada terminal aki, setelah dikeringkan barulah pasang kutup positif dan negatif pada masing masing terminal secara rapat. Jika renggang akan menyebabkan oksidasi dan elektron dalam aki akan menimbun di kepala aki yang dapat mengganggu suplai arus listrik.
FILTER UDARA
Direkomendasikan untuk tetap menggunakan filter udara standard yang direkomendasikan pabrik. Pasalnya jika filtertersebut terkena air dalam jumlah banyak maka mesin akan mbrebet  yang paling parah mesin jadi susah di start. Jangan lupa untuk menutup kunci filter udara standard secara rapat agar airr tidak membasahi elemen filter.
SEKERING
Cek satu persatu  sekering pada kotaknya . Pengecekan dapat dilkukan dengan dua cara , yakni menggunakan  tes pen dan melihat langsung apakah tembaga didalamnya sudah hangus atau masih normal.  Kalau hangus segera diganti dengan ukuran voltase yang sama dengan yang diganti.

AKSESORI
Bila ingin menambahkan aksesori di bodi mobil anda, memasang car side visor. Namun di indonesia lebih dikenal dengan talang air. Aksesori ini berguna pada saat hujan ingin buka kaca, air enggak sepenuhnya masuk dalam kabin. Selain itu bagi mobilnya yang nggak ada mud guard sebaiknya membelinya. Perangkat ini dapat melindungi bagian bodi dari lumpur dan kerikil yang terbawa ban saat melintasi jalan yang berlumpur dan kotor. 

                             THANKS FOR WATCHING



Tidak ada komentar:

Posting Komentar