Motor Ayam Jago yang bikin penasaran ini masih menjadi idola kawula muda, dengan bodi
yang ramping dan mesin yang mumpuni, untuk stop and go bikin gweeemezz so...
harus lihai mempertahan kan putaran mesin. Mari kita lihat ulasan berikut ini.
DISAIN
Konsep serba tajam yang ditawarkan Suzuki seolah mempertegas
konsep Ayam Jago super yang bertenaga. Cover head lamp LED-nya kaku mirip wajah
robot. Di buritan, rear lamp nya agak aneh, lampu bulat ciri khas Satria karburator
dipertahankan. Spatboard belakangnya punya sayap untuk menghalau kotoran
sampai ke pembonceng. Uniknya, spatbord ini bisa dilepas jadi tiga bagian, bisa
standard, pendek dan buntung.
RIDING POSITION & HANDLING
Bobot kosongnya
Cuma 109 kg dan distribusi bobot yang baik menjadikan motor ini terasa ringan,
memudahkan saat menggeser motor. Tinggi
jok 765 mm masih bersahabat dengan pengendara 170 cm, posisi duduknya tak
ubahnya Satria karburator. Setang rendah dan sempit dipadu dengan footstep
tetap didepan . Jadi wajar kalau agak merunduk.
Joknya sempit
tapi busanya empuk , makin asyik suspensi depannya punya redaman yang pas untuk
sehari-hari . Sedangkan yang belakang, buat jalan santai memang nyaman. Tapi
saat menikung atau melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi terasa
liar, pantat motor jadi bergeser karena memantul terlalu cepat. Terlebih saat
berboncengan jadi makin terasa.
Tentunya jadi
kesempatan untuk produsen susupensi memasarkan shokbraker belakang yang mampu
menutup kekurangannya ini.
FITUR DAN TEKNOLOGI
Spidometernya full
digital sangat lengkap dengan sapaan “ FU150 Redy Go” ketika kontak di on kan.
Isinya mencakup takometer, spidometer, jam digital, fuelmeter, interval
penggantian oli, shift light, odometer lengkap dengan trip A dan B.
Shift lightnya punya
tiga pilihan mode , yang petama low akan menyala pada 4500 rpm, high menyala
pada 9500 rpm dan custom yang dapat diatur sesuai keinginan pengendara , sampai
maksimal pada 11500 rpm.
Yang sangat
memudahkan adalah adanya shutter key menggunakan model baru tidak perlu diputar
untuk membuka penutup magnetnya, cukup ditekan pakai anak kunci. Suzuki juga
melengkapi bagasi kecil di atas rangka tengah, namun ketika membuka bagasi
engselnya goyang–goyang.
Starternya memakai
one push elektric starter cukup tekan sekali maka dinamo akan berputar terus
sampai mesin menyala. Baru pencet mesin langsung menyala. Mesinnya benar-benar
baru. Bukan cuma pasang injeksi, tapi ruang bakar nya di racik ulang. Diameter
piston tetap 62 mm tetapi lebih pendek untuk mengurangi gesekan. Tinggi puncak
piston ke pin dari 45mm menjadi 39mm.
Klep ini yang awalnya 22 mm menjadi 24 mm dan katup ex dari 19 m
sekarang menjadi 21 mm.
Kompresinya
meningkat drastis dari 10,2:1 jadi 11,5 :1. Agar tetap dingin , radiatornya
dipasang volumenya 1.260ml, lebih besar dari motor sport 150 cc pada umumnya.
Sistem klep tetap DOHC 4 klep dan bertransmisi 6 speed. Silinder mengandalkan
teknologi Sizuki Composite Elektro Chemical Material (SCEM), sehingga kuat tapi
tidak bisa di overzise.
PERFORMA
Volume ruang
bakarnya 147,3 cc dengan bore 62 mm dan stroke 48,8 mm sama dengan
generasi sebelumnya. Karakter overbore
lembut di putaran bawah. dan baru galak di atas. Bukan Cuma menerka atau
merasakan, tapi grafik hasil dyno juga menunjukkan hal yang sama. Di atas
dynamo meter Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport, terlihat dari torsi
maksimal 10,47 Nm ada di 8.700 rpm. Sedang powernya, baru nendang diatas 8.000
rpm, puncaknya ada di 14,43 dk di 10.800 rm, puncaknya ada di 14,43 dk di
10.800 rpm. Sedang klaim pabrik 18,2 dk/10.000 rpm dan 13,8 Nm/ 8.500 rpm
Wajar jika untuk
stop and go bikin gwemezzz..., harus lihai mempertahankan putaran mesin. Tapi
kalau sudah main di kisaran 8.000 rpm sampai limiter di 13.000 rpm baru mantab.
Rasanya memang lebih cocok untuk touring yang butuh nafas panjang buat ngebut
di aspal mulus.
KONSUMSI BBM
Dipakai
harian melewati kondisi jalan yang
beragam mulai dari macet hingga ngebut saat lenggang. Motor ini mencatatkan
konsumsi bbm beroktan 92 sebesar 39,7 km/lt. Lumayan irit untuk mesin dengan
powerband di rpm tinggi
DATA TEST
0-60
Km/j : 3,8 detik
0-80
km/j : 6,5 detik
0-100
km/j : 11,1 detik
0-100 m : 6,9 detik @ 82,5 km/jam
0-201 m : 10,9 detik @ 103 km/j
0-402m : 17,5 detik @ 115,5 km/j
Top speed
spido : 147 km/j
Tops peed
real : 132 km/j
Konsumsi
bensin : 39,7 km/l
DATA
SPESIFIKASI
DIMENSI
PXLXT : 1.960 mm X 675 mm x 980 mm
Wheelbase : 1.280 mm
Tinggi
jok : 765 mm
Graund
Clearance : 150mm
Berat
kosong : 109 kg
MESIN
Jenis
mesin : 4-tak liquid cooled, DOHC,
4-valve
Jumlah
silinder : satu
Bore xStroke
: 62 mm x 48,8 mm
Kapasitas
mesin : 147,5 cc
Sistim bahan
bakar : Fuel injection
Sistim
penggerak : rantai
Transmisi : 6 percepatan
RANGKA
Tipe
rangka : Underbone
Ban
depan : 70/90 R 17
Ban
belakang : 80/90 R 17
Panel
Instrumen : full digital
Kapasitas
tanki bahan bakar : 4 liter
Standard
emisi : Euro 3
THANKS FOR WATCHING
Taruhan sabung ayam 16 September
BalasHapusJadwal 19 September Sabung S128
BalasHapus