Translate

Rabu, 19 April 2017

TIPS MERAWAT TURBO CHARGER MESIN DIESEL




    Secara sederhana, turbocharger merupakan kipas atau turbin untuk mendorong masuk udara tambahan ke ruang bakar. Dengan begitu, tenaga dan torsi mampu ditingkatkan secara signifikan.Dengan menggunakan turbocharger, kendaraan akan mencapai tenaga atau torsi di rpm yang rendah. Sehingga konsumsi bahan bakar akan semakin irit.    
    Turbocarger intercooler yang digunakan pada berbagai model mobil dan truk bermesin diesel ini sangat bermanfaat ketika kendaraan beroperasi di area pegunungan. Karena  semakin tinggi dari permukaan air laut  kendaraan diesel bekerja, maka suplai oksigin ke dalam mesin akan semakin berkurang. Intercooler ini berfungsi untuk mendinginkan udara sebelum disuplai keruang bakar, agar kandungan oksigennya secara presentasi meningkat secara maksimal.

 BIARKAN MESIN IDLE
      Ketika menggunakan kendaraan dengan turbocarger, banyak pengemudi kendaraan diesel yang tidak mengetahui cara sederhana untuk merawat turbo. Padahal ketika sudah salah dalam perawatan kerusakan turbo akan berakibat fatal pada kendaraan.
     Sebenarnya mudah sekali untuk merawat mesin turbo yaitu ketika di start jangan langsung di gas atau biarkan mesin idle sekitar 1 menit. Begitu juga saat ingin dimatikan biarkan mesin langsam terlebih dahulu baru dimatikan.
      Ketika pengemudi menginjak dalam pedal gas dan langsung mematikan mesin, maka turbo yang masih bekerja akan kekurangan pelumas yang berasal dari oli mesin. Putaran rpm turbo itu dapat 10 kali lipat dari mesin biasa, jadi ketika mesin dimatikan dan turbo tidak mendapatkan pelumas dari oli mesin, maka turbocharger intercooler akan cepat mengalami kerusakan.
      Selain itu untuk merawat mesin turbo selain membiarka mesin langsam sebelum dan sesudah dimatikan, juga harus rajin memerikasa oli mesin. Biasanya, oli dan filter harus diganti setiap 10.000 kilometer. Selain filter oli bersihkan juga saringan udara secra berkala, karena disaat saringan udara tidak dibersihkan dan ada kotoran masuk ke poros turbo. Ketika poros turbo rusak oli akan bocor dan berkurang sehingga mesin panas dan akhirnya mati. Mogok deh.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar