Translate

Rabu, 08 Maret 2017

MENGENAL BUSI RACING BERDASARKAN ELEKTRODANYA



     Sudah sering kita mendengar tentang busi racing terutama yang berbahan Iridium yang biasanya diaplikasikan pada motor balap. Busi sendiri berfungsi untu memercikkan buanga api di ruang bakar yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah di kompresi pada ruang bakar.
    Sebenarnya apa yang dimaksud sengan busi racing ini? Ternyata busi mempunyai kelas atau tingkatan, mulai dari busi standard berbahan nikel, kelas menengah dan atas berbahan Platinum dan Iridium tetapi ada pula yang berbahan gold palladium atau dapat disebut busi merah seperti yang sudah dileluarkan oleh NGK khusus untuk kebutuhan balap atau racing.
    Platinum segmentasinya digunakan pada pertengahan antara keperluan harian dan balapan. Karena harganya tidak jauh berbeda dengan versi standard namun memiliki kualitas yang lebih baik, atau mendekati Iridium. Untuk saat ini hanya NGK yang mempunyai produk ini.
   Busi berbahan Iridium mulai disebut sebagai busi racing. Tetapi masih dapat diaplikasikan ke mesin standard dan akan membuat pebakaran lebih sempurna. Bahkan di Denso masih ada  busi Tagline Iridium Power, andalannya busi dengan elektroda kecil hanya 0,4 mm.
   Busi berbahan iridium ini punya elektroda yang kecil atau runcing sehingga api yang dikeluarkan tajam dan stabil dan sifat elektrodanya yang menyerap lebih sedikit panas yang dihasilkan,sehingga pembakaran akan lebih maksimal. Bahan ini juga mempunyai titik leleh yang tinggi, sehingga kuat di ruang bakar mesin racing,yang biasanya berasio kompresi tinggi.

DOUBLE IRIDIUM


     Karena sifatnya yang membuat pembakaran lebih bagus, bahkan ada yang membuat busi Double Iridium seperti keluaran Daytona, Igimax Ddouble Iridium. Jadi elektroda negatif juga diberi iridium, tidak hanya yang positif saja. Efeknya busi akan membakar habis campuran udara tanpa meninggalkan sisa pembakaran. Tapi jangan lupa untuk rajin servis dan memakai bahan bakar tanpa timbal karena kalau hanya ganti iridium saja tidak akan berpengaruh.
    Karena pembakaran lebih sempurna, maka penggunaan busi iridium membuat performa meningkat. Dorongan tenaga piston akan lebih responsif. Tapi busi tidak dapat bekerja sendiri memerlukan dukungan komponen lain, karena fungsi dasarnya hanya menciptakan api. Selanjutnya adalah busi yang menggunakan bahan Gold palladium ini didisain khusus untuk full racing yang digunakan untuk hanya untuk balapan saja. Seminimal mungkin tidakada kerak pada ruang bakar. Bahannya memeng dibuat langsung habis terbakar pada suhu yang ekstrim. Ini merupakan busi incaran para tim balap, just info tim Moto Gp  yang disuport NGK memakai busi jenis ini.
    Bagaimana penggunaannya di balap sendiri.Selain jenis elekroda, tingkat panas yang digunakan juga wajib diperhatikan. Kalau kondisi panas harus menggunakan busi tipe dingin 10, kalau adem 9 dan jika hujan memakai angka 8. Jadi teman-teman tau kan? memakai busi harus disesuaikan dengan kebutuhannya.

Ini lah busi merah full racing NGK, yang dipakai tim Moto GP

Perbedaan tingkat panas masing-masing tipe busi


Macam-macam bentuk kepala busi racing, pemilihan tipe kepala busi berpengaruh besar dalam pemilihan konsep kendaraan racing yang dibutuhkan.


THANKS FOR WATCHING

    

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar