Penyakit kelistrikan pada kendaraan baik motor maupun mobil seringnya membuat kita
panik ya. Bagaiman tidak kalau mesinnya saja bagus dan terawat tetapi mesin
tidak mau hidup gara-gara kelistrikan bermasalah. Buat kita jengkel lagi kalau salah diagnosa.
Banyak kejadian seperti itu. Ujung-ujungnya keluar duit lebih karena membeli komponen yang sebenarnya
tidak ada kerusakan.
Biar tidak galau dan
keluar duit banyak, yuk kita cari tahu beragam masalah yang sering terjadi pada
mobil dan motor. Komponen yang sering mengalami masalah ada empat yaitu,
Bendik, Kiprok, Flasher dan juga switch rem. Ini yang membuat motor dan mobil
kita sering mati tidak dapat distart. Tapi sebenarnya dapat dibaca dari gejala
yang muncul. Mari kita simak hal berikut yang merupakan ciri-ciri masalah
kelistrikan pada mobil dan motor anda.
KIPROK ATAU REGULATOR
Kiprok yang rusak
juga mengalami gejala mirip aki yang rusak. Jangan kaget kalau motor atau mobil
tiba-tiba tidak kuat distart dan lampu redup. Bisa jadi hal itu karena kiprok
yang rusak membuat pengisian arus listrik ke aki terhambat maka lebih baik cek
kiproknya dulu ya.
Kiprok yang rusak
cirinya adalah lampu utama meredupatau malah kelewat terang dan akhirnya putus.
Sebab aliran arus listrik dari spul tidak dapat di proses oleh kiprok yang
rusak. Karena gejala mirip aki yang rusak banyak juga yang malahan ganti aki,
tapi karena regulatornya yang rusak maka aki akan tekor lagi.
FLASER
Fungsi flasher
adalah untuk membuat lampu sein berkedip ketika digunakan. Kalau lampu sein
tidak berkedip disinilah masalahnya. Terkadang kalau mengganti lampu sein dengan komponen variasi
juga dapat membuat lampu sein tidak berkedip. Biasanya karena terdapat
perbedaan watt pada lampu yang dipasang dibandingkan yang standard.
Mengatasinya ganti dengan flasher yang baru.
BENDIK
Bandik menjadi
salah satu penyebab jika motor tidak mau distart. Gejalanya ketika motor mau
distart bunyi cetak-cetek seperti suara pematik gas pada kompor gas. Mirip
starter tidak mengangkat akibat karena aki yang tekor. Padahal ini kebanyakan
masalah justru pada bandik. Kalau rusak silahkan teman siapkan dana Rp 45-75
ribu rupiah untuk membeli komponennya.
SWITCH REM
Jangan remehkan pula
fungsi switch lampu rempada motor yang matic. Sebab switch ini juga mempunyai
fungsi sebagai sensor untuk menghidupkan mesin motor. Makanya jangan heran
kalau motor matic tidak dapat distarter kalau switch ii rusak atau bermasalah.
Untuk menggantinya cukup sediakan uang sekitar 25 ribu rupiah
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar