Translate

Selasa, 07 Maret 2017

WASPADA TERHADAP NOMOR MESIN DAN RANGKA PALSU, SIASATI KETIKA MEMBELI MOTOR BEKAS


     Pada sepeda motor baru yang dikeluarkan oleh pabrikan selalu terdapat nomor rangka dan juga nomor mesin. Hal itu nantinya yang akan tercantum pada BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Namun yang berniat akan membeli motor bekas diharapkan ekstra hati hati dan waspada.
    Karena pada saat akan membeli motor bekas jangan hanya melihat kondisi tampilan luar dan juga sektor mesinnya saja, namun juga dupastikan pula untuk melihat ke nomor mesin dan nomor rangka. Kemudian cek dan sesuaikan dengan yang ada di BPKB serta STNK. Jika sama, dipastikan motor tersebut aan dan benar-benar resmi. Tapi kalu nomornya palsu meskipun huruf dan angkanya sama, hal itu yang dapat menjadi perkara sehingga dapat berurusan dengan Polisi atau Hukum. Pernah kejadian seseorang membeli motor hanya melihat STNK dan BPKB nya saja ternyata setelah akan dimutasi terdapat masalah karena nomor rangka dan nomor mesin tidak sesuai dengan STNK dan BPKB yang asli.

TERKENA HUKUM DAN DITAHAN
       Dengan kejadian ini Polisi memperingatkan supaya dalam pembelian motor bekas mesti jeli dan wajib memeriksa kesamaan antara nomor mesin dan nomor rangka. Kemudian cek dan sesuaikan dengan STNK dan BPKB. Jika sama pastikan motor tersebut aman, dan pastikan nomor tersebut asli. Jangan sampai tertipu dengan nomor palsu yang dibuat manual dengan cara  di grafir.
      Karena untuk motor hasil tindak kejahatan, selain tidak adanya surat resmi yang menjeaskan keterangan motor tersebut juga dapat dimanipulasi dengan nomor mesin dan nomor rangka buatan seperti diatas. Perbedaannya pun sebenarnya sangat jelas sekali, karena yang bikinan dengan grafir atau diketok hasilnya tidak akan rapi.

      Diharapkan untuk lebih berhati-hati dan mesti jeli. Lebih jelasnya lagi, cek nomor mesin dan nomor rangka di kantor Samsat terdekat ketika akan membeli motor atau mobil bekas agar lebih yakin dan aman. 


THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar