Translate

Senin, 30 Januari 2017

MOTOR CEBOL TAPI MENAWAN, FIRST RIDE KAWASAKI Z125 PRO

     Adik paling bungsu dari keluarga Kawasaki Z series. Setelah sebelumnya ada Z1000, Z800, Z250, hadirlah model yang paling kecil Z125 PRO, akhirnya didatangkan juga ke Indonesia. Mesinnya hanya 125 cc tapi gayanya motor gede.  Cebol karena bentuknya yang kecil, menawan karena disainnya ala motor gede.
Mari kita lihat hasil first ride.

PERFORMA
   Motor yang dijual Rp 30,8 juta OTR Jakarta ini dibekali dengan mesin berkapasitas 125 cc, speknya bore 56 mm dan stroke 50,6 mm dengan throttle body 24 mm pada sistim injeksinya. Power tertingginya diklaim 9,4 dk @ 7.500 rpm
   Dengan bobot hanya 101 kg, mesinnya terasa responsif sejak rmp bawah.  Namun mesinnya terbatasi dengan adanya limiter pada 10.000 rpm. Mesinnya terdengar halus dengan suara kenalpot berkarakter senyap. Karena treknya pendek-pendek disirkuit ini maka cukup dengan gigi 2 saja.

Mesin 125 cc sudah injeksi dengan throtle body 24 mmw

DISAIN
  Tampilannya keren karena disainnya ala motor besar. Disain shroud-nya persis Z1000, lampu belakang mirip Z800 yang dikecilin, suspensi belakang ada di samping mirip Kawasaki ER-6n. Sedangkan lampu depan mengingatkan kita pada ER-6n versi lama. Kenalpotnya khas motor besar saat ini , underbelly juga mirip. Lucu, karena dimensinya mungil dengan diameter rodanya hanya 12 inci.
Cebol tapi menawan

RIDING POSITION DAN HANDLING
     Ketinggian jok  hanya 780 mm, kurang lebih seperti naik sekutik pada umumnya. Posisi setangnya tendah sehingga membuat punggung sedikit membungkuk menambah kesan sporty.
   Suspensi depan menggunakan upside down dengan diameter as 30 mm sedangkan belakang tunggal dengan model offset-laydown seperti  Kawasaki ER-6n.
   Melibas tikungan di Pit Stop Karting yang bumpy dengan kombinasi aspal dan tambalan beton, suspensi depan terasa limbung, sedangkan yang belakang tenang, kemungkinan karena setelan preload-nya pas dengan tester berbobot 57 kg. Yang pasti shockbraker belakangnya ini memiliki empat setingan preload sesuaikan saja dengan berat badan.

Meskipun kecil jok tetap mantap untuk pembonceng karena panjang dan empuk.

Suspensi depan sudah upside down keren dan nyaman

Suspensi belakang rebah seperti pada ER-6n

FITUR DAN TEKNOLOGI
     Didatangkan utuh dari Thailand, tidak ada perubahan spesifikasi apapun jadi bulat  asli dari Thailand. Paling menarik melihat spidometernya, analog hanya untuk takometer. Sedangkan yang lainnya full digital dengan LCD warna orange. Isinya ada spidometer, posisi gigi, fuel meter, odometer, tripmeter, dan jam digital. Di setangnya switch kanan terlihat seperti gas spontan lengkap dengan tombol starter dan enggine cut off.
   Meskipun kecil ternyata tangkinya berkapasitas 7,4 liter dengan tutup tangki model rata khas motor sport. Kaki-kakinya lebih kekar berbasis KSR 110, yang depan sama, menggunakan ban 100/90-2 tapi belakang besar memakai 120-70-12.
   Mesinnya berbeda dengan KSR yang hanya 110, Z125 PRO dipasangi mesin 125 cc dari Kawasaki Athelet. Sudah kopling manual mengusung transmisi 4 speed. Oiya, pola perpindahan giginya persis motor sport, satu ke bawah dua sampai empat diungkit.

Spidometer perpaduan analog dan digital mudah dibaca

Tutup tangki sporti model rata khas moge.
                                                                               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar