Perhatikan hal-hal
berikut agar motor tidak menjadi rusak, bahkan rusak parah diakibatkan karena
kita tidak mengerti dalam memperlakukan motor yang terendam banjir.
Mari kita lakukan langkah-langkah sebagai berikut.
1.
Sepeda motor jangan langsung di starter lho!!
BAHAYA. Air dalam ruang bakar dapat menyebabkan water hammer, efeknya piston
hancur hingga stang piston bengkok.
2.
Lepas busi terlebih dahulu, baru kemudian
distarter untuk mengeluarkan air di ruang bakar.
3.
Pastikan filter udara tidak terdapat air. Untuk
keadaan darurat filte udara boleh dilepas dan ganti dengan yang baru.
4.
Pastikan karburator atau throttle body aman dari
air.
5.
Pastikan kenalpot tidak kemasukan air karena
dapat tersedot ke ruang bakar.
6.
Pastikan oli mesin tidak tercampur dengan air
dengan menguras oli mesin dan mengganti filter oli. Oli yang tercampur air akan
berubah warna menjadi coklat muda seperti susu. Pada skutik jangan lupa cek
juga oli transmisinya.
7.
Khusus skutik, pastikan CVT tidak terdapat air
dengan melepas selang pembuangan CVT dan mengganti filter CVT.
8.
Setelah semua dipastikan kering, boleh
dihidupkan. Jangan lupa untuk cek kompresi untuk memastikan tidak ada kebocoran
pada ruang bakar.
9.
Setelah kondisi darurat dapat dilewati, jangan
lupa untuk melakukan servis secara menyeluruh.
WASPADA WATER HAMMER
Risiko tertinggi jika ruang bakar kemasukan
air adalah water hammer. Yaitu kondisi dimana air yang masuk ke ruang bakar
tidak dapat terkompresi seperti bahan bakar. Air yang tidak dapat terkompresi
akan tetap keras seperti besi ketika ditekan. Maka disebutnya water hammer
karena efeknya seperti besi ketemu besi. Komponen didalam ruang bakar dapat langsung hancur, biaya perbaikannya pun
jadi berlipat lipat.
THANKS FOR WATCHING
Tidak ada komentar:
Posting Komentar