Translate

Sabtu, 03 Desember 2016

SIKAT DAN UKUR ULANG, CARA MERAWAT BUSI (SPARKPLUG)





    Busi merupakan salah satu komponen  penting  pada mesin bensin, karena tugasnya sebagai pematik api untuk memicu terjadinya pembakaran campuran bensin dengan udara, yang telah dikompresi oleh piston sehingga menghasilkan tenaga. Makanya keberadaan busi bisa dirawat.
     Sebaiknya busi dibersihkan tiap 4.000 km atau 4 bulan untuk menjaga kinerjanya tetap prima. Tujuan membersihkan ini untuk menghilangkan kerak sisa pembakaran yang jika dibiarkan akan mengganggu kinerja busi .


Caranya sangat mudah.
1.      Memakai Sikat Tembaga, digosok menggnakan sikat tembaga  supaya kerak nya rontok tetapi tidak merusak komponen busi yang berjenis iridium.


2.      Setelah dibersihkan dengan sikat semprot dengan angin tekanan tinggi dari kompresor.
3.      Ukur ulang jarak elektroda busi dengan feeler gauge  ukur celah klepnya berkisar 0,7-0,8 mm, kalau terlalu sempit atau terlalu renggang  loncatan bunga api tidak optimal sehingga pembakaran tidak akan sempurna.



Dari pengetesan menggunakan dynamometer semakin disempitkan celahnya maka tenaga akan semakin drop, kalau direnggangkan tenaga juga berkurang tapi lebih sedikit, jadi sebebaiknya memang pas pada ukuran 0,7-0,8 mm. Waktu membersihkan busi tidak disarankan merendam dulu pada bensin. Karena dapat merusak elektroda didalamnya, busi harus sudah diganti jika jarak tempuh sudah melewato 8000 km.



THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar