Translate

Jumat, 02 Desember 2016

LEGENDA ALAT ANGKUT MULTI PURPOSE, UNIMOG


     Negeri  Jermania memang menjadi acuan bagi teknologi dan industri otomootif dunia. Bagaimana dengan mobil Volkswagen sangat terkenal di dunia
      Bukan hanya Volkswagen saja yang menjadikan Jerman mentereng di dunia otomotif.  Ada satu mobil lagi yang kehadirannya begitu melegenda yaitu UNIMOG.  Bicara tentang Unimog pasti semua orang paham dengan mobil unik  dan berkemampuan serbaguna dan mampu menerjang segala medan atau off-road.


     Unimog pada mulanya bukan didisain sebagai mobil badak dan tangguh seperti yang dikenal pada saat ini. Unimog yang merupakan kreasi dari Albert Friedrich yang dirancang tahun 1944 ini diperuntukkan sebagai kendaraan multifungsi bagi pertanian alias mobil para petani di Jerman kala itu.
    Ide Albert Friedrich ini kemudian diwujudkan oleh Heinrich Robler yang mendisain dan menguji prototipe nya yang dilaksanakan pada 9 Oktober 1946 atau tepatnya 7 dekade lampau, dimana saat Unimog awal belum ada bonet atau moncong dan masih menggunakan chasis kayu.

MULTIPERAN
    Sejalan dengan perkembangannya Unimog, singkatan kata dari Universal-Motor-Gerat yang artinya adalah kendaraan multifungi, lebih dikenal sebagai kendaraan badak , tahan banting yang bisa melibas di semua medan alias off-road.


     Produksi resmi perdana dari Unimog ini berlangsung pada 1954 yang diperuntukkan sebagai kendaraan pertanian. Tak kepalang tanggung, Unimog bisa mengaplikasikan 66 perangkat atau peralatan pertanian di saat itu.
     Sejalan dengan perkembangan zaman, Unimog berkembang fungsi dan kegunaannya dan hingga saat ini Unimog telah diproduksi dalam rentang 30 jenis dan berbagai tipe dengan total jumlah mencapai 400 ribu unit di seantero jagad dengan beragam aplikasi, seperti traktor, kendaraan derek, mobil pemadam kebakaran, mobil eksplorasi tambang dan banyak lainnya termasuk mobil misi Perserikatan Bangsa Bangsa (UN).

GALERI
    









THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar