Translate

Jumat, 21 Oktober 2016

LEBIH MEWAH , NYAMAN DAN TANGGUH BERSAMA ALL NEW TOYOTA FORTUNER


    Akhir September kemarin kami dapat jadwal meliput Deep Forest Chalange. Lokasinya berada di daerah perkebunan teh dekat ciwidey Bandung, sudah pasti jalurnya sedikit light off-road.
    Tadinya kami menyiapkan jip 4x4 milik kantor untuk berangkat meliput. Namun ternyata sebelum berangkat kami mendapat pinjaman Toyota All-New Fortuner. Walau SUV seven seater All New Fortuner ini adalah versi 4x2 tentu dong masih sanggup kalau cuman ke basecam.
    Malam sebelum berangkat ke Bandung kami menyiapkan dulu peralatan camping yang ajan digunakan selama disana. Untungnya All New Fortuner dilengkapi dengan pintu belakang motorized. Meskipun tangan diisi beberapa barang kecil, tetap mudah mengakses ke area belakang atau bagasi. Fitur ini biasa ditemui pada kendaraan yang mewah atau Luxury.





    Setelah kami siap kami pun langsung menujun Bandung, berhubung kondisi masih tengah malam, diputuskan untuk mengambil jalur Cipanas- Puncak. Ini sat yang tepat untuk merasakan tenaga mesin Diesel baru 2 GD-FTV berkapasitas 2.400 cc. Sesuai perkiraan, tanjakan berangkai menuju Puncak ini bukan masalah buat mesin diesel baru andalan Toyota ini. Berkat turbo VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler front mount besar yang berada di bumper depan, tenaga yang diluapkan lebih maksimal. Dengan 150 dk dengan torsi sebesar 400 Nm, tanjakan-tanjakan aspal bukan masalah berarti.


     Kalau merasa masih kurang bisa gunakan mode Power. Respon throttle pun jadi lebih galak dari biasanya. Mesin ini baru dipasangkan dengan transmisi otomatis 6 speed terbaru yang tak kalah menarik. Pada mode S (Sport), perpindahan gigi akan mendukung gaya mengemudi yang agresif .  Padukan mode S dengan Power Mode di mesin , maka All New Fortuner akan menjelma jadi SUV yang sangat responsif.
    Meski lebih bertenaga , tapi mesin ini lebih efisien sekitar 16% dibanding yang lama. Ditambah lagi, ada mode berkendara ECO. Begitu tombol ECO MODE diaktifkan, mesin akan bekerja smooth agar konsumsi bahan bakar lebih efisien.
    Selama perjalanan kami pun menikmati berbagai fitur menarik  ALL NEW FORTUNER, seperti dihibur head unit canggih. Sistim audio berbasis android ini bukan hanya mampu memainkan berbagai format file audio, tapi juga video .dab dilengkapi built–up GPS untuk membantu navigasi. Perjalanan jadi nyaman dan aman.



   Lampu atap di kabin depan juga praktis, MID pada panel dasbord cukup inofatif, dengan menunjukkan suhu, konsumsi bbm, posisi gigi presneling, dan tentu saja kecepatan. Semua fitur ini didesain untuk memberikan kenyamanan, sekaligus kemewahan yang tak ada di model sebelumnya. Dan memang ketika duduk di kabin, nuansa nyaman dan mewah langsung terasa. Jok pengemudi dengan pengaturan elektrik, head unit berbasis android dengan navigasi , hingga adanuya soft touch panel, yakni bagian interior yang sengaja dibuat lembut, karena kerap dijadikan sandaran kaki atau dengkul. Harus diakui aura SUV luxury jauh lebih terasa ketimbang generasi terdahulu nya.
   Setelah  perjalanan beberapa jam yang terasa singkat, akhirnya kami sampai di daerah Ciwedy,  Bandung. Lokasi yang kami tuju masih di dalam perkebunan teh. Hujan lebat mengguyur cukup panjang siang itu. Tentu ini tidak ada pengaruhnya apa apa untuk All New Fortuner. Kami hanya perlu berhati-hati  di jalanan perkebunan teh. Karena permukaan jalan berbatu yang licin akibat hujan.


    Disain sasis baru pada All New Fortuner terasa saat melewati permukaan jalan seperti ini. Hasil penyempurnaan sasis berbasis All New Kijang Inova  jadi ketangguhan dn kenyamanan All New Fortuner.
    Dengan sasis yang lebih rigid suspensi akan bekerja optimal. Hentakan dari jalan berbatuan bisa dengan baik diredam oleh sistim suspensi.  Guncangan dari suspensi  tidak terlalu terasa di dalam kabin, dan tidak terasa lagi kesan sasis pick Up pada generasi sebelumnya.
    Walau All New Fortuner yang digunakan berpenggerak 4x2, tetapi kami cukup tertolong. Memang buang jauh jauh  untuk masuk sedikit dalam trak off-road karena berbahaya untuk penggerak 2 roda. Tapi untuk sekedar keluar masuk  area basecam menuju trak off road   melewati jalanan berbatu , All New Fortuner ini lebih dari memadai. Dan yang penting, liputan kali ini berjalan aman dan nyaman.

FITUR




  Penuh nuansa kemewahan dan fitur terkini. Dari head unit berbasis android yang dapat memutar segala macam format  lagu serta video, hingga sistim navigasi yang sudah built-in. MID pada panel dasbor cukup inovatif, dengan menunjukkan suhu, konsumsi bbm, posisi gigi presneling, dan tentu saja kecepatan. Semua fitur ini didesain untuk memberi kenyamanan, sekaligus kemewahan yang tidak ada di model sebelumnya.

MESIN
    Mesin commonrail diesel 2GD-FTV dengan tenaga 150 dk dan torsi 400 Nm, performa All New Fortuner terasa sangat menyenangkan, dan cenderung agresif jika menggunakan power mode. Selain Intercooler front mount yang lebih efisien, mesin ini juga menggunakan unit turbocharger yang lebih kecil dari Fortuner lama. Ini tidak mempengaruhi tenaga jadi lebih galak di  putaran rendah dan menengah.


ENAM VARIAN
Yang kita ajak jalan-jalan adalah All New Fortuner  tipe 2.4 VRZ A/T
Ada Varian yang lain plus estimasi harga
2.7 SRZ A/T 9   (mesin bensin)              Rp 509.000.000
2.4 VRZ A/T                                              Rp 494.000.000
2.4 G   A/T                                                Rp  460.000.000
2.4 G   N/T                                                Rp  442.000.000
2.4 VRZ4x4   A/T                                      Rp  575.000.000
2.4  G   4x4   A/T                                      Rp  557.000.000

        THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar