Translate

Sabtu, 22 Oktober 2016

FIRST RIDE KAWASAKI KLX-ADVENTURE OFF ROAD


    PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara resmi mekuncurkan KLX terbaru versi adventure off road dari basis KLX 150, tampangnya seperti special enggine (SE) tanpa lampu lampu. Di beberapa daerah banyak komunitas KLX yang mesti memodifikasi KLX 150 untuk off road seperti ganti suspensi, ganti lengan ayun, ban, gir dan melepas lampu, makanya PT KMI meluncurkan KLX ini biar nggak repot untuk memodifiasi ,  biar tinggal pakai dan asli pabrik lagi.
   Bagaimana impresi mengendarai motor trail yang dijual Rp 35,9 juta ini ? mari dama sama kita simak berikut ini,

 DISAIN


    Melihat dari kejauhan, sangat kental trail SE karena tanpa lampu dan bentuk bodi yang serba lancip, tampangnya sport banget, kaki kakinya pun layaknya SE, dengan perpaduan ban ukuran 21 dan 18 inci, proporsional dan terlihat gagah.

FITUR DAN TEKNOLOGI


    Banyak fitur menarik yang ditawarkan Kawasaki  pada KLX yang didatangkan secara utuh dari Thailand ini. Fitur menarik paling utama tentu sektor-sektor kaki-kakinya. Depan mengandalkan suspensi teleskopik dari showa berdiameter 33mm. Sedangkan belakang mengandalkan monoshok bertabung yang bisa distel preload, compression dan rebound damping nya.


     Belakang pakai lengan ayun alumunium agar enteng, memangkas bobot tinggal hanya 99 kg dibanding KLX 150 BF yang mencapai 118 kg . Pelek juga Alumunium yang dibalut ban dengan kembang kasar khas besutan penggaruk tanah dan sudah dilengkapi stopper.Biar enteng melibas tanjakan, KLX terbaru ini memakai final gear sangat ringan, perbandingan 57/13, lebih enteng dari KLX 150BF yang 52/14.


   Area setang  tampak bersih karena hanya ada enggine cut off dan tombol starter di sisi kiri. Saat posisi on ada LED yang menyala di bawah engine cut off, di tengah stang ada tuas cuk. Sedang stang kanan terdapat gas spontan. Satu lagi motor ini enggak dilengkapi kickstarter, pastikan Aki dalam kondisi baik.
   Dari sisi mesin spesifikasi teknik identik dengan KLX 150, 144 cc SOHC 2 klep berpendingin udara 5 percepatan. Bedanya torsi dari rasio akhir yang ringan, kedua menurutnya aplikasi karburator model skep Keihin PB20 sedangkan KLX 150 jenis vakum Keihin NVC24. Tangkinya walau terlihat kecil tapi mampu menampung bensin 5,8 liter.



RIDING POSITION DAN HANDLING
    Kendati terlihat tinggi dengan jarak jok ke tanah 860 mm,  namun saat diduduki dengan tinggi badan saya 170 cm berat 75 kg ternyata kedua kaki bisa menapak dengan sempurna. Bisa begitu karena jok dan bodinya sangat ramping dan suspensinya khas trail saat diduduki amblas.
    Handlingnya ternyata beda jauh dengan KLX 150BF, KLX terbaru ini terasa sangat ringan dan ketika diajak berbelok kencang enggak geal geol. Racikan sasis dan kaki kaki barunya membuat jadi lebih rigid, buat belok jadi percaya diri.
     Karakter suspensi depan juga jauh berbeda, untuk loncatan atau ketika membentur lubang nggak lagi bunyi jeduk atau ,  kerennya  bottoming. Sedang belakang perlu disetel karena keempukan, untungnya full adjustabel lagi.
    Grip ban yang punya kembangan kasar tergolong sangat bagus saat kondisi tanah kering, cengkeramannya mantap. Namun saat melintas tanah basah seusai hujan agak licin, maklum tanah menempel membuat ban terlihat bulat tanpa kembangan.


PERFORMA
     Torsinya memang sedikit lebih besar dari KLX 150BF dari 11,3 Nm/6500 rpm menjadi 12 Nm/6500 rpm. Dipadu bobot ringan dan rasio akhir enteng, membuat KLX terbaru ini akselerasinya terasa lebih cepat dan dengan mudah melibas tanjakan terjal yang disajikan di rute yang telah disiapkan PT KMI. Kekurangannya tentu saja nafasnya jadi pendek-pendek, apalagi dengan karbu model skep yang bikin respon mesin jadi lebih teriak.
DATA SPESIFIKASI
Mesin                     : 4 langkah SOHC 2 klep berpendingin cairan
Bore x stroke          : 58 x 54,4 mm
Rasio kompresi       :  9,5:1
Sistim kabut            : keihin P28 karburator
Pengapian                : Digital DC-CDI
Starter                     :   Elektrik
Tenaga Maksimal  :  11,1 dk @ 8000 rpm
Torsi Maksimum    : 12 Nm @ 6.5000 rpm
Transmisi                 : 5 speed
Kopling                    : Basah multi disc
Sasis                         :  Perimeter box section, high tenstil steel
P xl xt                       :  2.005 mm x790 mm x 1,135 mm
Whelebase             :   1.330 mm
Graund clearance  :   315 mm
Bobot  kotor         :   99 kg
Kapasitas tanki     :   5,8 mm
Suspensi depan    : teleskopik 33mm jarak main 190 mm
Suspensi belakang :  Unitrac singgle aluminium shock , adjustabel preload, adjst compresion and rebond jaral main 200 mm
Ban depan             :    80/100-21 M/C 51M
Ban belakang        :     100/100 18 M/C 59 M
Caster(rake)          :    27”
Trail                        :    116 mm
Stearing angele    :   41”/41”
Rem depan            :   single 220 mm petal disc kaliper dua piston
Rem belakang       :   singele 190 mm petal disc kaliper single piston



THANKS FOR WATCHING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar