Translate

Jumat, 21 Oktober 2016

CARA PRAKTIS BERSIHKAN KOMPONEN KELISTRIKAN (ELECTRIC PARTS) PADA SEPEDA MOTOR

    
      
     Punya masalah kelistrikan pada motor atau mobil anda ?  Jangan dulu berpikir kabel bodi putus atau ada konsleting kabel. Pasalnya , kotoran yang hinggap pada komponen kelistrikan juga bisa membuat aliran listrik tak tersalurkan dengan baik.
     Nah kalau sudah begitu harus cek komponen mana yang harus dibersihkan. Ribet? Tidak donk, Sebab sekarang sudah tersedia cairan penetran yang dapat membersihkan komponen listrik. Jenisnya adalah electric cleaner (EC), karena kemasannya spray jadi cukup semprotkan dengan satu jari.
   Dipasaran, banyak merek ECC seperti  CRC, G-zox, Cyclo dan QD. Masalah harga, Ec tersebut dihargai mulai Rp 49-135 ribu. EC berfungsi untuk membersihkan dan menjaga piranti kelistrikan tak terkecuali sistim kelistrikan pada sepeda motor.



    Selain itu cairan yang ada dalam spray bukan cairan sembarangan , sebab selain dapat merontokkan  kotoran, cairan ini juga bersifat non-flameable alias tidak mudah terbakar. Berbeda dengan cairan penetran lain yang sifatnya mudah terbakar.
     Kentungan lainnya beberapa part kelistrikan yang mau dibersihkan tidak perlu dibongkar pasang, jadi bisa lngsung semprot dari casing luarnya saja.
Bagian mana yang perlu diprioritaskan untuk dibersihkan



   Pertama, yakni CDI kerak yang ada pada socket CDI karena dapat menimbulkan mal fungsi pada bagian otak pengapian, efeknya mulai mbrebet sampai mesin mati total. Nah agar part ini bekerja maksimal, semprotkan pada bagian soket CDI secara merata. Diamkan selama 5 menit , keringkan dan pasang kembali.



   Kedua, pada Soket lampu juga bisa membuat bohlam tidak menyala atau sering berkedip kedip, mengatasinya dengan menyeprotkan cairan penetran pada bagian soket soket lampu seperti pada headlamp dan stoplamp. Sehabis disemprot diamkan dulu agar cairan mengering.


  Ketiga, pada komponen panel stang  , cairan penetran disemprotkan di sela sela casing panel. Tapi kalau untuk menghilangkan kerak atau karat yang ada didalam komponen panel harus dibuka dulu.


Terakhir adalah pada bagian aki yang utamanya ada dibagian kutup positif dan negatif aki. Bagiantersebut sering timbul kerak berwarna putih. Fungsi EC adalah untuk membersihkan dari kerak kerak tersebut. Kalau kerak sudah tebal dan menimbulkan karat sampai aki tidak bekerja maksimal, bantu dengan ampelas halus ukuran 500. Selesai diampelas semprotkan EC dan keringkan dijamin fungsi aki akan oke kembali.

               THANKS FOR WATCHING


    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar