Translate

Minggu, 18 September 2016

TEST DRIVE ASTRA DAIHATSU SIGRA R DELUX MANUAL TRANSMISION

             
  

     Test Astra Daihatsu Sigra tipe R Delux melewati beragam tipe kondisi medan, mulai dari jalan tol mulus, jalan rusak diseputar BSD, Serpong hingga bermacet macet di dalam kota Jakarta.  Test dilakukan dengan membawa keluarga bersama istri 2 anak yang masih berusia dibawah 3 tahun, plus suster untuk jaga. Ruang kabin masih lapang dan serunya adalah anak tertua yang bisa pindah pindah dari depan ke tengah dengan mudahnya.
     Seperti apa hasil lengkapnya?

KENYAMANANNYA
    Duduk di jok depan , kami yang punya postur  172 berat 80 kg merasa ruang kaki yang masih kurang .  Apalagi head rest yang menyatu menbuat kepala enggak menempel sempurna, yang bikin cepat cape apabila mengistirahatkan kepala sejenak ketika macet. Pindah ke jok belakang baru terasa lumayan menyenangkan. Terlebih dibantu head rest yang bisa diatur ketinggiannya. Sementara sistim suspensinya terbilang biasa saja ketika diajak melibas lubang atau guncangan di jalan. Memang masih terasa empuk, tapi kalau terlalu kencang timbul suara yang kurang mengenakkan.


FITUR
     Kelebihan Sigra terutama pada tipe R Delux adalah sudah dilengkapi dengan sensor parkir, tak hanya untuk bagian belakang juga bagian depan. Alhasil pemilik yang ditujukan entery level dan belum pernah menyetir mobil, bakal lebih dimudahkan untuk mendapatkan feeling apabila bumper terlalu dekat diparkiran.
    Fitur lain yang tak kalah canggihnya adalah tripele turn signal . Jadi tak perlu repot repot selalu mengaktifkan lampu sein. Cukup disentuh lembut lampu sein akan menyala 3 kali. Hanya saja ada sedikit kontradiksi soal safety. Kelebihan Sigra adalah sepasang air bag untuk pengemudi dan penumpang depan. Namun untuk penumpang belakang terutama yang duduk di  bagian tengah  bangku baris ke dua dan kedua penumpang paling belakang, hanya disediakan safety belt 2 titik.

KONSUMSI BBM
       Punya kapasitas mesin mungil namun konsumsi bbm  Sigra  terbilang tidak terlalu istimewa. Memang , kalau dilihat angka ketika jalan konstan 60kpj, Sigra sanggup mencatat konsumsi  1: 26 per km.  Namun dipakai di dalam kota , dalam test yang menerapkan eco drive dan bikin indikator Eco menyala, mencatat angka sebesar 1 : 13,7 dibantu banyak jalan tol yang dilalui. Pada pengetesan ideal yakni berjalan konstan 100 kpj, konsumsi hanya sebesar 1:18 dengan jarum tachometer di angka 3200 rpm.


PERFORMA
      Jangan dilihat kapasitas mesinnya yang hanya 1200cc. Ternyata kalau diihat power to weight ratio , Sigra punya kemampuan berakselerasi cukup baik, lumayan walau jangan harap terlalu banyak untuk jarak jauh. Tenaga sebesar 87 dk nya untuk membawa bodi seberat 965 kg ditambah penumpang yang ikut dlm tet  1.045 kg. Artinya tiap dk tenaga Sigra hanya untuk membopong 11,8 kg. Hitung hitungannya lebih bagus misakan  dibandingkan Terios yang punya tenaga 107,5 dk dengan bobot kosong 1,280kg. Artinya tiap tenaga Terios harus membopong beban seberat 12 kg.


DATA DAN SPESIFIKASI

Mesin                                 :   2NR- VE, 4-silinder, EFI, DOHC dengan Dual VVT-i
Kapasitas                           :    1.197 cc
Layout Mesin                   :    Penggerak roda depan
Tenaga Maksimum          :    87 dk @ 6000 rpm
Torsi Maksimum              :    108 Nm @ 4200 rpm
Dimensi                             :    (pxLxt),  4.070 x 1.655x 1.600mm
Whelbase                          :    2.52 5mm
Radius putar                     :    4,5 m
Graund Clearance            :    180 mm
Sistim Kemudi                   :   Rack & Pinion dengan Power Stering Elektrik.
Suspensi Depan                :   Mac Pherson Strut dengan per keong
Suspensi Belakang           :   Semi Independent Torsion Axel Beam dengan per keong
Rem Depan/Belakang      :   Cakram ventilasi / Teromol
Ukuran Ban                        :   175/65 R14
Kapasitas tanki                  :    36 liter
Berat kotor                        :   1.500 kg
Harga                                  :   Rp 134,550,000 (on the road jakarta)
DATA TEST
Akselerasi
0-60 kpj     :    5 detik
40-80 kpj  :    5,8 detik
0-100 kpj  :    12,8  detik
0-201 m    :     12,2 detik @kecepatan 96,9 kpj
0-402 m    :     18,9 detik @kecepatan 109,2 kpj

                        THANKS FOR WATCHING







1 komentar:

  1. Kenapa ac daihatsu sigra saya mati padaha mobil baru 19 bulan dan mohon keterangan fuse bok depan kalau ada...saya cari di google tida ketemu ..

    BalasHapus