APA ITU SISITIM KEMUDI STEER BYE WIRE PADA MOBIL
Steer By Wire (FBW) adalah teknologi pengendalian kendaraan yang menggantikan hubungan mekanis langsung atara roda kemudi dan roda dengan sistim elektonik. Artinya tidak ada batang kemudi steering column atau rac-and pinion yang terhubung ke roda langsung. Sebagai gantinya sensor dan aktuator elektronik menggerakkan roda berdasarkan input dari setir.
Cara Kerja Sistim
1. Sensor mendeteksi Putaran Stir
Pada saat pengemudu memutar stir, sensor yaitu steering angle sensor akan membaca seberapa jauh dan cepat setir di putar.
2. ECU (Komputer Mobil).
Memproses Data , data sensor dikirim ke Elektronik Control Unit ( ECU) yang menghitung seberapa besar roda harus berbelok.
3. Aktuator Listrik Menggerakkan Roda.
ECU mengirim perintah ke motor listrik di roda untuk mengatur sudut belok sesuai input pengemudi.
Keuntungan
1 . Lebih ringan dan hemat ruang ( tanpa batang kemudi mekanik)
2. Responsif dan dapat disesuaikan (rasio kemudi bisa diatur lewat software)
3. Kompatibel atau cocok dengan fitur canggih lain seperti Lane Keeping Assist 9membantu menjaga jalur), Autonomus Driving (kendaraan Otonom), steer by wire + Drive by wire.
4. Lebih Aman ( ECU dapat mengkoreksi belokan jika mobil mulai selip)
Kekurangan
1. Ketergantungan terhadap perangkat elektronik,
juka terjadi kegagalan sisitim atau listrik , kemudi dapat tidak berfungsi ( meskipun ada redundansi untuk mengantisipasi hal ini)
2. Kurangnya feeling Alami , beberapa pengemudi mungkin mmerindukan umpan balik mekanisme tradisional.
3. Biaya tinggi,
Teknologi ini masih relatif mahal dibanding sistim kemudi konvensional.
Perbedaan dengan Drive by Wire : adalah istilah umum untuk sistim kendali elektronik termasuk trootle , rem dan kemudi.
Steer-by Wire merujuk kepada sistim kemudi elektronik saja
TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA DAN PLEASE SUBSCRIBE
<< Beranda