Translate

Kamis, 26 Januari 2017

MODEL SELAMAT TINGGAL DARI LAND-ROVER DEFENDER 110 SW ADVENTURE


   Setelah beredar 67 tahun, Land Rover  akhirnya memberikan tiga versi terakhir dari Defender. Berkali-kali muncul rumor tentang Land Rover Defender akan berhenti produksi, namun nama yang mulai digunakan pada tahun 1990 an ini sepertinya terus saja beredar, hingga akhirnya Jaguar land Rover si empunya resmi mengumumkan akhir hayat dari offroader sejati ini dengan model perpisahan 3 versi khusus, Adventure, Heritage dan Autobiograpy.
   Beruntung, pada event All Out Action yang diadakan oleh PT Gradauto Dinamika selaku pemegang Merek Jaguar Land Rover di Indonesia. Salah satunya ikut di pamerkan. Warna eksterior Phoenix Orange membuatnya sangat terlihat mencolok, apalagi dengan gril hingga rumah lampu berwarna hitam Santorini. Sentuhan moderen seperti pelek split-spoke Diamond Turned berwarna hitam glos dual tone pun diberikan. Begitu pula perlindungan bagian bawah berkelir aluminium silver yang turut menyangarkan tampilan SUV yang tingginya 2,2 meter ini.
   Masuk ke dalam dengan pintu engselnya yang khas, suasana mewah yang tidak biasa hadir di dalam Defender kembali dihadirkan dengan penggunaan karpet beludru dan jok bebahan kulit Windsor Leather yang terasa sangat lembut. Beberapa fitur pun seperti AC dan front power window sudah disematkan, meski kami bingung kenapa di belakang masih menggunakan jendela jenis putar.
   Dashboard pun bersifat fungsional, dengan tombol-tombol yang terasa solid seperti pengatur AC, defogger dan fog lamp. Slot untuk media hanya disediakan player single-DIN yang sudah compatibel dengan iPod dan tersdia konektor Bluetoot. Dual Range Transfer Box juga masih diatur dengan tuas sama seperti transmisi 6-perceptan.
   Terdapat 3 headrest pada jok tengah, pelipatannya dapat dikonfigursikan 70:30 khusus varian 110SW seperti yang dipamerkan, terdapat dua jok baris ketiga yang dapat dilipat ke atas untuk menambahkan ruang penyimpan barang dan meninggalkan lantai yang rata.
    Dibawah kap mesin terdapat mesin tanpa busi 4-silinder berkapasitas 2.196 cc dengan single variable-vane turbocharger dan sistim injeksi Continental bertekanan tinggi hingga 1.800 bar. Tenaga yang dihasilkan mencapai 120 dk dan torsinya 360 Nm. Meskipun harganya sekitar Rp 1,3 milyar sepertinya terlalu tunggi aslinya di negara asal paling Rp 300 jutaan saja. Tapi nih para penggila Land Rover pasti tak akan terpengaruh dengan harga segitu, embat aja. Tapi untuk saat ini bila anda kepingin tidak akan dapat karena 10 unit yang disediakan untuk Indonesia sudah habis terjual, hebat orang Indonesia memang Rich Man....

Hanya tersedia 600 unit Defender Adventure secara global dengan sedikit moderenisasi seperti pelek dual tone 16 inci.


Meski terlihat konvensional, tetapi headlight 7 inci sudah memakai LED


Kini ada sedikit sentuhan mewah dengan jok kulit lembut berwarna hitam ebony

Tampilan dashboard tetap sederhana ala Defender dengan pemutar media 1-Din dan stir 3-spoke

Transmisi masih mempertahankan manual, sangat klasik

Tampak belakang yang kokoh




GALERIA LAND ROVER DEFENDER








THANKS FOR WATCHING






Tidak ada komentar:

Posting Komentar